IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN MELALUI PROGRAM PANDA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp)


Fadillah, Nur (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN MELALUI PROGRAM PANDA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of B021191048_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
B021191048_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of B021191048_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
B021191048_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of B021191048_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
B021191048_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of B021191048_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
B021191048_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NUR FADILLAH (B021191048) Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin, dengan judul skripsi "Implementasi Pelayanan Publik Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Melalui Program PANDAWA (pelayanan administrasi melalui whatsapp)" dibawah bimbingan dan arahan Marwati Riza selaku pembimbing utama dan Eka Merdekawati Djafar selaku pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pelayanan publik pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kota Makassar terkhusus pada program PANDAWA terkait asas kecepatan,kemudahan dan keterjangakuan pada program tersebut serta faktor-faktor yang menghambat pelayanan publik pada program PANDAWA tersebut.
Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian hukum empiris. Populasi Kepala Deputi direksi wilayah sulawesi selatan kantor BPJS dan Kepala bidang pelayanan publik serta masyarakat yang melakukan pelayanan adminstrasi menggunakan PANDAWA. Lokasi Penelitian Kantor BPJS Kota Makassar. Bahan hukum yang digunakan primer, sekunder dan tersier. Kemudian, analisis data secara Kualitatif dan dijelaskan dengan cara mendeskripsikan dan mengkaji secara dalam data yang diperoleh dari itulah penyusun menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah, (1) Impementasi asas-asas pelayanan publik khususnya asas kecepatan,kemudahan dan keterjangakuan pada pelayanan BPJS pada program PANDAWA belum terpenuhi pada asas kecepatan dan kemudahan dikarenakan Pelayanan administrasi BPJS Kesehatan khususnya melalui program PANDAWA ini belum berjalan dengan efektif. Baik dari segi sistem pelayanan maupun pemberian informasi mengenai keberadaan dari program PANDAWA tersebut serta masih kurangnya pemanfatan sistem pelayanan berbasis digital juga menjadi salah satu kendala dalam pelayanan PANDAWA ini. Belum terpenuhinya asas kecepatan serta kemudahan menjadi faktor utama dalam pelaksanaan pelayanan administrasi PANDAWA (2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan PANDAWA ini juga terbagi menjadi tiga yaitu faktor hukum dan internal dari segi pegawai serta eksternal dari segi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:08
Last Modified: 27 Sep 2023 08:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28023

Actions (login required)

View Item
View Item