MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANK SAMPAH (STUDI KASUS UNIT PELAKSANA TEKNIS BANK SAMPAH INDUK) DI KOTA MAKASSAR = POLICY IMPLEMENTATION MODEL OF WASTE BANK (CASE STUDY OF TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT OF WASTE BANK PARENT) IN MAKASSAR CITY


Jusman, Muhamad (2022) MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANK SAMPAH (STUDI KASUS UNIT PELAKSANA TEKNIS BANK SAMPAH INDUK) DI KOTA MAKASSAR = POLICY IMPLEMENTATION MODEL OF WASTE BANK (CASE STUDY OF TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT OF WASTE BANK PARENT) IN MAKASSAR CITY. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013171018_disertasi_25-10-2022 cover1.png

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013171018_disertasi_25-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013171018_disertasi_25-10-2022 dp.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013171018_disertasi_25-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUHAMAD JUSMAN. Model Implementasi Kebijakan Bank Sampah (Studi Kasus Unit Pelaksana Teknis Bank Sampah Induk) Di Kota Makassar (dibimbing oleh Armin, Badu Ahmad, dam Nur Indrayati Nur Indar)

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) implementasi kebijakan, (2) faktor determinan, (3) dampak sosial dan ekonomi, dan (4) model implementasi kebijakan Bank Sampah di Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pereduksian data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan dilihat dari aspek ketepatan kebijakan dalam pengelolaan Bank Sampah di Kota Makkasar sangat tepat. Namun dari segi pelaksanaan kebijakan program Bank Sampah di Kota Makassar belum mampu memberikan dampak positif sehingga permasalahan sampah belum terpecahkan dengan baik. Faktor determinasi dalam implementasi kebijakan Bank Sampah, yakni adanya pengelolaan sampah dengan daur ulang yang berbasis pada sistem reduse, reuse, recycle (3R). Pengelolaan sampah dengan sistem (3R) dapat dijadikan sebagai nilai ekonomi bagi masyarakat. Dampak sosial pengelolaan bank sampah sebagai bagian untuk menciptakan lingkungan yang bersih sehingga memiliki rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan masing-masing. Secara konseptual model implementasi kebijakan yang berbasis pada pendekatan ketepatan kebijakan, pelaksanaan, target dan lingkungan yang diadopsi dalam merumuskan model kebijakan Bank Sampah dengan Model “Pannasai Rong” yaitu mengintegrasikan sampah masyarakat sampai pada bank sampah yang ada di Kota Makassar

Keywords : Model implementasi kebijakan, bank sampah

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Policy implementation model, Waste bank
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:00
Last Modified: 27 Sep 2023 08:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28001

Actions (login required)

View Item
View Item