Tinjauan Kriminologis Terhadap Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Anak Terhadap Anak


Mulyana, A. Muhammad Agung (2023) Tinjauan Kriminologis Terhadap Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Anak Terhadap Anak. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of B012182039_tesis_15-02-2023 bab 1-3.pdf] Text
B012182039_tesis_15-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of B012182039_tesis_15-02-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
B012182039_tesis_15-02-2023 cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of B012182039_tesis_15-02-2023 dp.pdf] Text
B012182039_tesis_15-02-2023 dp.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of B012182039_tesis_15-02-2023.pdf] Text
B012182039_tesis_15-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
A MUHAMMAD AGUNG MULYANA (B012182039) “Tinjauan Kriminologis Terhadap Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Anak Terhadap Anak”. Dibimbing oleh M. Syukri Akub dan Hijrah Adhyanti Mirzana
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor lingkungan menjadi penyebab terjadinya Tindak Pidana Penganiayaan oleh anak terhadap anak dan menganalisis bagaimanakah upaya pencegahan dan penanggulangan dari Tindak Pidana Penganiayaan oleh anak terhadap anak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Penelitian dilakukan di bulan April-Juni 2021 dengan membagikan kuisioner secara online yang menargetkan anak-anak usia remaja di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya. Jenis dan sumber data yang digunakan penulis terdiri dari: data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan yaitu peneltian pustaka, dan penelitian lapangan, yang kemudian disusun secara sistematis dan analisis sesuai dengan metode penelitian empiris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Seorang anak cenderung lebih cepat mempelajari berbagai macam hal yang ada disekitarnya. Termasuk tingkah laku orang disekitarnya, terutama apabila tingkah laku orang tersebut terjadi dalam proses komunikasi dengan anak. Dari 51 responden, 92,5% mengakui bahwa factor lingkungan sekitar sangat mempengaruhi perilaku mereka, Hal ini sejalan dengan Social Learning Theory, atau teori pembelajaran sosial dimana tingkah laku dipelajari dengan observasi, pengalaman langsung, dan penguatan. (2) Tindak kekerasan, termasuk di dalamnya perundungan dapat dikategorikan sebagai tindak pidana maka dalam upaya penanggulangannya juga tidak berbeda dari penanggulangan tindak pidana pada umumnya. Menurut Hoefnagels, upaya penanggulangan kejahatan dapat ditempuh dengan Penerapan hokum pidana (criminal law application), Pencegahan tanpa pidana (prevention without punishment), Memengaruhi pandangan masyarakat mengenai kejahatan dan pemidanaan lewat media massa (influencing views on crime and punishment/mass media).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:56
Last Modified: 27 Sep 2023 07:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27997

Actions (login required)

View Item
View Item