DYNAMIC CAPABILITIES PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA PELAYANAN KEPENDUDUKAN APLIKASI JARI DI KOTA KENDARI) = Dynamic capabilities of public services (a study on public Service “JARI” application in Kendari City)


Cahyani, Indah (2022) DYNAMIC CAPABILITIES PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA PELAYANAN KEPENDUDUKAN APLIKASI JARI DI KOTA KENDARI) = Dynamic capabilities of public services (a study on public Service “JARI” application in Kendari City). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012202010_tesis_28-10-2022 cover1.png

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012202010_tesis_28-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012202010_tesis_28-10-2022 dp.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012202010_tesis_28-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

INDAH CAHYANI. Dynamic Capabilities Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Pelayanan Kependudukan Aplikasi JARI Di Kota Kendari) (dibimbing oleh Alwi dan Nurdin Nara).
Prinsip-prinsip pelayaan publik yang dibuat pada kurun waktu tertentu, dapat menjadi tidak berfungsi ketika lingkungan berubah. Untuk bisa relevan dan efektif, praktek pelayanan publik perlu dinamis yang dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang tidak menentu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dynamic capabilities pada pelayanan
kependudukan aplikasi Jaga Kendari di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Kendari. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dynamic capabilities pada pelayanan kependudukan aplikasi Jaga Kendari di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari berdasarkan tiga hal yaitu organizational and managerial processes, position dan path dependencies belum dikatakan efektif dalam pelaksanaanya. Meskipun terbukti telah berupaya dalam memanfaatkan
teknologi dan adopsi inovasi dalam menghadapi lingkungan yang cepat berubah, namun aplikasi Jaga Kendari mengalami beberapa hambatan yang menyebabkan kurang optimalnya proses pelayanan kependudukan berbasis aplikasi tersebut. Penerapan dalam aplikasi Jaga Kendari membuat masyarakat lagi-lagi mengeluh, alasannya beragam, mulai dari jaringan yang tidak mendukung, sarana dan prasarana yang tidak memadai serta masih banyak masyarakat yang masih awam terhadap penerapan sistem internet karena kurang efektifnya sosialisasi kepada
masyarakat.

Kata Kunci: Dynamic Capabilities, Pelayanan Publik, dan Aplikasi JARI

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dynamic Capabilities, Public Services, and “JARI” Applications
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:53
Last Modified: 27 Sep 2023 07:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27992

Actions (login required)

View Item
View Item