Participatory Governance dalam Perencanaan Pembangunan Daerah: Studi Kasus Muasyawarah Rencana Pembanggunan (Musrenbangdes) Kelurahan Tanete Rilau, Desa Pao-Pao, Kabupaten Barru = Participatory Governance in Regional Development Planning: A Case Study of Regional Development Council (Musrenbandes) of Pao-Pao Village, Tanette Rilau District of Barru Regency


Alwiah, Aenun Rijal (2023) Participatory Governance dalam Perencanaan Pembangunan Daerah: Studi Kasus Muasyawarah Rencana Pembanggunan (Musrenbangdes) Kelurahan Tanete Rilau, Desa Pao-Pao, Kabupaten Barru = Participatory Governance in Regional Development Planning: A Case Study of Regional Development Council (Musrenbandes) of Pao-Pao Village, Tanette Rilau District of Barru Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012202005_tesis_22-08-2023 cover1.png

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012202005_tesis_22-08-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012202005_tesis_22-08-2023 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012202005_tesis_22-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2025.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi elemen deliberasi dan aksi dalam proses penguatan participatory governance pada musyawarah Rencana Pembangunan Desa di Desa Pao Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif dengan desain studi kasus. Adapun kasusnya yaitu musyawarah rencana pembangunan desa (Musrembangdes) di Desa Pao Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Kondensasi data merujuk pada proses pemilihan, pengerucutan, penyederhanaan , peringkasan, dan transformasi data. Musrenbangdes RKPD Kabupaten Barru Tahun 2022 di Kabupaten yang disebut juga dengan Musrenbangdes Kecamatan adalah Forum Musyawarah pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan kegiatan program prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang terintegrasi dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Barru di wilayah Kabupaten. Tahapan aspek deliberasi dinyatakan dengan tahapan pengambilan keputusan serta gagasan para pemangku kepentingan sebagai gagasan utama utama dalam proses pengambilan keputusan, Proses tersebut dengan betul harus diuji sebagaimana yang menjadi penilaian yang adil, berdasarkan masalah publik yang perlu diselesaikan dalam artian keputusan yang benar-benar dipentingkan oleh masyarakat bukan hal yang menguntungkan segelintir pihak, serta diformulasikan dari gagasan di tingkat individu dan kelompok.

Keywords : Deliberation, Governance, Parcipatory.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Deliberation, Governance, Parcipatory.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:52
Last Modified: 27 Sep 2023 07:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27987

Actions (login required)

View Item
View Item