EVALUASI PENERAPAN ANJUNGAN INFORMASI PELAYANAN MANDIRI (ANFO) PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MERAUKE = EVALUATION OF IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT SERVICE INFORMATION DEVICES (ANFO) AT THE REGIONAL SECRETARIAT OF MERAUKE REGENCY


Silubun, Gaspar C.h. (2022) EVALUASI PENERAPAN ANJUNGAN INFORMASI PELAYANAN MANDIRI (ANFO) PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MERAUKE = EVALUATION OF IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT SERVICE INFORMATION DEVICES (ANFO) AT THE REGIONAL SECRETARIAT OF MERAUKE REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012191014_tesis_02-01-2023 cover1.png

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012191014_tesis_02-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012191014_tesis_02-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012191014_tesis_02-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

GASPAR C.H. SILUBUN. Evaluasi Penerapan Anjungan Informasi Pelayanan Mandiri (ANFO) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Merauke (Dibimbing oleh H. M. Thahir Haning dan Edoardus E. Maturbongs).

Informasi pelayanan publik saat ini mengarah kepada keterbukaan informasi publik berbasis digital melalui aplikasi agar mudah diakses publik, maka perlu adanya suatu sistem informasi yang dapat mengaplikasikannya salah satunya adalah Anjungan Informasi Pelayanan Mandiri (ANFO) yang dikembangkan pada Sekertariat Daerah Kabupaten Merauke. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan ANFO di Sekertariat Daerah Kabupaten Merauke menggunakan model CIPP menurut Daniel L. Stufflebeam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menghimpun data dari sejumlah informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ANFO mampu memberikan layanan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat namun tidak maksimal dijalankan karena berbagai hal. Secara context aplikasi ANFO mampu menjawab kebutuhan pengguna dalam mencari informasi, dari sisi input dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten untuk mengelola ANFO terutama diawal menggunakan ANFO berbasis anjungan mesin namun dari sisi aplikasi android cukup mudah untuk dijalankan oleh pengguna, dari sisi process aplikasi ini belum dimaksimalkan dengan baik terutama dalam hal sosialisasi kepada publik serta belum belum jelasnya pendanaan melalui instansi atau unit yang berwenang, sedangkan dari sisi product ANFO perlu dikembangkan dengan menambahkan menu agar menambah variasi informasi disamping perlunya regulasi untuk memperkuat program ini.

Keywords : Evaluasi, Inovasi, ANFO, Merauke.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Innovation, ANFO
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:51
Last Modified: 27 Sep 2023 07:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27984

Actions (login required)

View Item
View Item