FUNGSIONALITAS KONFLIK VIRTUAL (FANWAR) PADA TWEET REPLAY TWITTER OLEH FANDOM ARMY (STUDI KASUS ARMY MAKASSAR) = THE FUNCTION OF VIRTUAL CONFLICT (FANWAR) IN TWEET REPLAY BY FANDOM ARMY (CASE STUDY ON MAKASSAR ARMY)


Rahmawati, Sitti (2023) FUNGSIONALITAS KONFLIK VIRTUAL (FANWAR) PADA TWEET REPLAY TWITTER OLEH FANDOM ARMY (STUDI KASUS ARMY MAKASSAR) = THE FUNCTION OF VIRTUAL CONFLICT (FANWAR) IN TWEET REPLAY BY FANDOM ARMY (CASE STUDY ON MAKASSAR ARMY). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E41116312_skripsi_14-07-2023 caver1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E41116312_skripsi_14-07-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E41116312_skripsi_14-07-2023 dp.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E41116312_skripsi_14-07-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sitti Rahmawati, E411 16 312, Judul Skripsi “Fungsionalitas Konflik Virtual ( Fanwar) pada Tweet Replay Twitter oleh Fandom Army (Studi Kasus Army Makassar)”. Dibimbing oleh Rahmat Muhammad dan Hasbi Marissangan. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dari konflik yang kerap terjadi pada ranah digital oleh para penggemar grup idola K-Pop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, di mana peneliti menggambarkan informasi bagaimana Konflik virtual (fanwar) yang sering terjadi dikalangan penggemar BTS atau yang dikenal dengan nama army memberikan dampak positif terhadap imternal fandom, baik berupa pembentukan soldaritas, peningkatan partisipasi, dan memperkuat identitas yang kemudian terjabarkan melalui informasi yang diperoleh dari informan.
Informan dari penelitian ini sebanyak 7 orang, ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan mengacu pada pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggemar grup idola BTS yang berdomisi di Makassar (army) senang berinteraksi dengan sesama penggemar melalui sosial media twitter karena mereka leluasa membagikan cerita dengan sesama penggemar lain. Dimana interaksi yang dilakukan secara virtual tersebut juga mampu menyebabkan terjadinya konflik secara virtual. Konflik yang terjadi pada media sosial twitter kemudian mampu memberi pengaruh pada perkembangan relasi diantara army. Sehingga jika melihat dari kacamata fungsionalisme konflik Coser dapat dikatakan fanwar atau fandom war yang sering diindikasikan sebagai bentuk dari fanatisme penggemar ini memberikan pengaruh positif kepada pembentukan relasi jejaring penggemar, memperkuat solidaritas antar anggota kelompok penggemar (army) dan meningkatkan partisipasi anggota terhadap kelompok.

Keywords : Army, Fanwar, Fungsi Konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Army, Fanwar, function of the conflict
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:28
Last Modified: 27 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27946

Actions (login required)

View Item
View Item