Identifikasi Karakteristik Eco Enzyme Berbahan Sayuran dengan Variasi Gula Aren dan Gula Kelapa = Identification of Characteristics of Eco enzyme Made from Vegetables with Variations of Palm Sugar and Coconut Sugar


Karlita, Linda (2023) Identifikasi Karakteristik Eco Enzyme Berbahan Sayuran dengan Variasi Gula Aren dan Gula Kelapa = Identification of Characteristics of Eco enzyme Made from Vegetables with Variations of Palm Sugar and Coconut Sugar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D131181314_skripsi_16-05-2023 cover1.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D131181314_skripsi_16-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D131181314_skripsi_16-05-2023 dp.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D131181314_skripsi_16-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2025.

Download (22MB)

Abstract (Abstrak)

Eco enzyme adalah larutan zat organik komples yang diproduksi dengan proses fermentasi dari sisa buah atau sayuran, air, dan gula (gula merah atau molases). Berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh dari larutan alami serbaguna ini membuat kajian tentang eco enzyme sangat potensial untuk digali lebih mendalam, terutama terkait karakteristik eco enzyme yang dihasilkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik yang dihasilkan dari eco enzyme berbahan sayuran serta membandingkan antara eco enzyme berbahan organik sayur menggunakan substrat gula aren dengan eco enzyme berbahan organik sayur mengguakan substrat gula kelapa, juga mengetahui bagaimana kaitan parameter klorin, fosfor, kalsium, asam asetat dan tiga enzim biokatalik (amilase, lipase dan protease) terhadap manfaat dari eco enzyme.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa riset perbandingan dengan melakukan eksperimental dan metode kualitatif berupa riset pengembangan teori. Variasi yang diteliti adalah eco enzyme berbahan sayuran dengan jenis gula yang berbeda yakni gula aren dan gula kelapa. Gula, bahan organik, dan air dicampur dengan rasio 1 : 3 : 10 kemudian difermentasi selama 3 bulan untuk menjadi larutan eco enzyme.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eco enzyme berbahan sayuran dengan variasi gula aren dan gula kelapa memiliki karakteristik pH kurang dari 4, warna kecoklatan, beraroma asam yang khas, terdapat kandungan asam asetat sehingga mempengaruhi kadar pH, kandungan senyawa tertinggi berturut-turut pada parameter kalsium, fosfor, kemudian klorin, serta adanya aktivitas enzim biokatalisator yang tinggi pada pH optimal. Produk eco enzyme berbahan sayuran dengan variasi gula aren sangat cocok digunakan sebagai desinfektan karena kandungan asam asetat dan kadar klorin yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan sebagai agen desinfektan untuk menekan pertumbuhan bakteri, adapun pada variasi gula kelapa direkomendasikan untuk pelestarian lingkungan sekitar serta di bidang pertanian karena kadar enzim biokatalisatornya yang tinggi.

Kata Kunci: Eco Enzyme Sayuran, Gula Aren, Gula Kelapa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Vegetable Eco Enzyme, Palm Sugar, Coconut Sugar
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:24
Last Modified: 27 Sep 2023 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27926

Actions (login required)

View Item
View Item