Evaluasi Kualitas Visual Lanskap Wisata Pesisir Kota Makassar dengan Menggunakan Coastal Scenic Evaluation System (CSES) = Evaluation of The Visual Quality of Coastal Tourism in Makassar City Using Coastal Scenic Evaluation System (CSES)


Agus, Putry Lestari (2023) Evaluasi Kualitas Visual Lanskap Wisata Pesisir Kota Makassar dengan Menggunakan Coastal Scenic Evaluation System (CSES) = Evaluation of The Visual Quality of Coastal Tourism in Makassar City Using Coastal Scenic Evaluation System (CSES). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101181326_skripsi_22-05-2023 cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D101181326_skripsi_22-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101181326_skripsi_22-05-2023 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101181326_skripsi_22-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2025.

Download (17MB)

Abstract (Abstrak)

Wilayah pesisir Kota Makassar memiliki potensi sebagai waterfront city. Namun, pesatnya pembangunan di pesisir Kota Makassar tanpa mempertimbangkan aspek lingkungan, mengancam pada kualitas visual lanskap. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi karakteristik, mengevaluasi dan menyusun arahan peningkatan kualitas visual lanskap wisata pesisir Kota Makassar. Penelitian berlokasi di kawasan wisata pesisir Kota Makassar. Teori dasar untuk pengambilan data antaranya adalah teori pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas, akomodasi, fasilitas dan aktivitas serta 18 parameter fisik dan 8 parameter manusia. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Dengan kualitatif deskriptif, spasial dan coastal scenic evaluation system (CSES). Hasil
analisis kualitatif deskriptif menunjukkan wisata pesisir yang belum optimal dan memerlukan pemeliharaan serta pengembangan lebih lanjut. Hasil analisis CSES adalah Pantai Araamesh masuk dalam Kelas III mainly natural, Pantai Batu dan Pantai Layar Putih masuk dalam Kelas IV mainly unattractive urban, sementara Pantai Losari, Pantai Indah Bosowa, Pantai Akkarena, Pantai Biru, Pantai Angin Mammiri dan Pantai Tanjung Bayang masuk Kelas V very unattractive urban. Berdasarkan hasil karakteristik dan evaluasi CSES menghasilkan arahan tema yang
cocok untuk wisata pantai tersebut yakni Kelas III adalah Wisata Olahraga Pantai, Kelas IV adalah Wisata Pancing dan Kelas V adalah Wisata Kota (urban tourism). Melalui tema keberagaman tersebut merupakan upaya dalam mempertahankan kualitas visual lanskap dan mengedepankan visual lanskap dalam pengembangan wisata pesisir Kota Makassar.

Keywords : Kualitas Visual Lanskap, Wisata Pesisir, CSES, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Landscape Visual Quality, Coastal Tourism, CSES, Makassar City
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:15
Last Modified: 27 Sep 2023 01:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item
View Item