ANALISIS KERAWANAN KEBAKARAN DI PERMUKIMAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS: STUDI KASUS DI RW 01, KELURAHAN MANGGALA = ANALYSIS OF THE LEVEL OF FIRE VULNERABILITY IN RESIDENTIAL AREAS USING GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATIONS (CASE STUDY: MANGGALA VILLAGE, MANGGALA DISTRICT)


Syaputra, M. Fibian Anggara (2023) ANALISIS KERAWANAN KEBAKARAN DI PERMUKIMAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS: STUDI KASUS DI RW 01, KELURAHAN MANGGALA = ANALYSIS OF THE LEVEL OF FIRE VULNERABILITY IN RESIDENTIAL AREAS USING GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATIONS (CASE STUDY: MANGGALA VILLAGE, MANGGALA DISTRICT). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101171512_skripsi_22-05-2023 cover1.jpg

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D101171512_skripsi_22-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101171512_skripsi_22-05-2023 dp.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101171512_skripsi_22-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Permukiman yang padat menjadi salah satu indikator yang menyebabkan rawan terjadinya bencana kebakaran. Kelurahan Manggala menjadi salah satu kawasan yang rawan terhadap bencana. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap tingkat kerawanan kebakaran pada suatu permukiman, mengidentifikasi tingkat kerawanan kebakaran di RW 01 Kelurahan Manggala, dan merumuskan strategi mitigasi bencana kebakaran di RW 01 Kelurahan Manggala. Data yang digunakan pada penelitian yaitu data sekunder dan data primer. Data primer didapatkan dari observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder didapatkan dari data instansi terkait maupun studi literatur, jurnal penelitian, buku, dan peraturan lain. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, sintesis pustaka, analisis spasial, analisis tingkat kerawanan bencana kebakaran, Analysis Hierarchy Process (AHP), dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 10 faktor yang mempengaruhi tingkat kerawanan kebakaran pada suatu permukiman yaitu kepadatan bangunan, pola permukiman, jenis atap bangunan, lokasi sumber air, lokasi permukiman dari jalan utama, lebar jalan, kualitas jalan, material bangunan, instalasi listrik, dan jangkauan pos pemadam bencana kebakaran. Kesepuluh faktor tersebut dijadikan sebagai penilaian parameter yang menunjukkan bahwa RW 01 di kategorikan sebagai rawan bencana kebakaran. Adapun perumusan strategi mitigasi bencana kebakaran di RW 01 Kelurahan Manggala yaitu menyediakan motor pemadam kebakaran yang dapat menjangkau lokasi-lokasi yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran, penyediaan fasilitas sarana dan prasarana seperti hidran dan APAR, dan menyediakan informasi terkait jalur evakuasi dan tempat evakuasi.

Keywords : Bencana Kebakaran, Rawan Kebakaran, Permukiman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fire Disaster, Fire Prone, Residential
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:13
Last Modified: 27 Sep 2023 01:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27900

Actions (login required)

View Item
View Item