PENGARUH ONLINE MARKETING DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION MELALUI ESTETIKA PRODUK PADA PERUSAHAAN AMPA BAKERY TAKALAR


SAMBO, YOSUA ELSIARINE (2019) PENGARUH ONLINE MARKETING DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION MELALUI ESTETIKA PRODUK PADA PERUSAHAAN AMPA BAKERY TAKALAR. Skripsi thesis, Universitas Hasahudin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Jurnal-sambo.pdf

Download (715kB)

Abstract (Abstrak)

Pengaruh Online Marketing dan Word of Mouth Communication
terhadap Customer Satisfaction melalui Estetika Produk
Pada Perusahaan Ampa Bakery di Takalar

Yosua Sambo
Haris Maupa
Djumidah Maming

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online marketing dan word of mouth communication terhadap customer satisfaction melalui estetika produk pada Ampa Bakery di Takalar. Argumen awal ialah bahwa variabel online marketing dan word of mouth communication berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap customer satisfaction. Data dikumpulkan dari populasi pelanggan Ampa Bakery dengan jumlah sampel 100 orang menggunakan kuesioner dengan skala likert sebagai indikator skor, kemudian dilanjutkan dengan analisis jalur dengan menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel online marketing dan word of mouth communication berpengaruh secara signifikan terhadap estetika produk dengan nilai Adjusted R Square 0.400. Variabel online marketing dan word of mouth communication tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel customer satisfaction sementara variabel estetika produk mempunyai pengaruh signifikan, penelitian lebih jauh dengan melihat nilai β pada hasil regresi menunjukkan bahwa variabel online marketing dan word of mouth communication berpengaruh secara tidak langsung terhadap customer satisfaction. Melalui nilai koefisien jalur diketahui bahwa pengaruh langsung estetika produk lebih dominan ketimbang pengaruh tidak langsung online marketing dan word of mouth communication. Sebagai kesimpulan akhir dikatakan bahwa online marketing dan word of mouth communication tidak sepenuhnya dapat mendikte standar kepuasan pelanggan dikarenakan adanya variabel lain yang lebih dominan yakni estetika produk, namun estetika produk sendiri dapat dipengaruhi oleh online marketing dan word of mouth communication.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:07
Last Modified: 27 Sep 2023 01:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27893

Actions (login required)

View Item
View Item