TINJAUAN PSIKOLOGI HUKUM TERHADAP RESIDIVIS ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA DI KOTA MAKASSAR


MUSTAMI, MUHAMMAD NUR FAJRI (2019) TINJAUAN PSIKOLOGI HUKUM TERHADAP RESIDIVIS ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA DI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasahudin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
SKRIPSI MUHAMMAD NUR FAJRI M (B11115064).pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Nur Fajri Mustami (B111 15 064), Tinjauan
Psikologi Hukum Terhadap Residivis Anak Yang Melakukan Tindak Pidana di Kota Makassar, dibimbing oleh Musakkir sebagai Pembimbing I dan Ratnawati sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh faktor intelegensi dan faktor lingkungan pergaulan terhadap kondisi Psikologis seorang Anak untuk kembali melakukan tindak pidana pencurian. (2) Peran psikolog pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak dalam membina Residivis Anak yang melakukan tindak pidana pencurian.
Penelitian ini dilaksanakan pada Lembaga Pembinaan Khusus
Anak Kelas II Maros, dengan menggunakan metode penelitian lapangan, menggunakan teknik wawancara kepada Residivis Anak yang melakukan tindak pidana pencurian di Kota Makassar, dan Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan, dan metode penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik studi dokumen, yaitu mengkaji
peraturan perundang-undangan, jurnal, dan buku yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan pendekatan psikologi hukum.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Pengaruh faktor intelegensi terhadap Psikologis Anak untuk kembali melakukan tindak pidana pencurian adalah Anak kurang mempertimbangkan dampak dari perilaku yang ia lakukan karena tidak mengetahui perbuatan tersebut melanggar aturan, akibat tidak mendapat pembinaan yang maksimal setelah ia melakukan tindak pidana, dan pengaruh pergaulan terhadap Psikologis Anak untuk kembali melakukan tindak pidana pencurian adalah pemberian
ganjaran yang dianggap Anak baik diberikan oleh teman-teman pergaulan atas tindak pidana yang ia lakukan, sehingga Anak terdorong untuk melakukan lagi tindakan tersebut. (2) Peran Psikolog pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:00
Last Modified: 27 Sep 2023 01:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27889

Actions (login required)

View Item
View Item