Pengaruh Ujung Tepi Geladak Penampang Double Hull Oil Tanker = Effect of Deck Side Corner Shape of Double Hull Oil Tanker Cross Section


Iqrani, Nur Alifya (2023) Pengaruh Ujung Tepi Geladak Penampang Double Hull Oil Tanker = Effect of Deck Side Corner Shape of Double Hull Oil Tanker Cross Section. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081191049_skripsi_15-05-2023 cover1.jpg

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D081191049_skripsi_15-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081191049_skripsi_15-05-2023 dp.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081191049_skripsi_15-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

NUR ALIFYA IQRANI. Pengaruh Bentuk Ujung Tepi Geladak Penampang Double Hull Oil Tanker (dibimbing oleh Muhammad Zubair Muis Alie dan Juswan)

Dalam desain dan pembuatan kapal, salah satu aspek terpenting adalah desain strukturnya. Konstruksi kapal harus mampu menahan beban yang bekerja pada kapal baik dalam kondisi normal maupun ekstrim. Permasalahan yang sering terjadi pada kapal adalah kerusakan akibat benturan, kandas, korosi, dan lain sebagainya. Dalam perkembangan teknologi konstruksi kapal, desain dan material sangat diperhatikan oleh perusahaan galangan kapal dalam merancang dan memproduksi kapal baru. Salah satunya adalah kekuatan di geladak kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki tiga model kapal double hull oil tanker. Pada penelitian ini dilakukan analisis dengan menggunakan metode Non-Linear Finite Element Analysis (NLFEA) untuk mengetahui pengaruh bentuk sudut sisi geladak kapal double hull oil tanker terhadap kekuatan longitudinal. Analisis dilakukan pada bagian tengah kapal double hull oil tanker mengingat dengan satu ruang rangka dalam kondisi hogging dan sagging. Multiple Point Constrained (MPC) diadopsi untuk mendapatkan deformasi dan momen lentur vertikal versus hubungan kelengkungan. Ditemukan bahwa ultimate strength untuk model 1 lebih tinggi daripada model 2 dan model 3 karena konfigurasi bentuk sudut sisi geladak. Deformasi dan ultimate strength untuk 3 model kapal double hull oil tanker juga diplot dalam penelitian ini.

Kata Kunci: double hull tanker, penampang, ujung tepi geladak, ultimate strength, metode

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Double hull tanker, cross section, deck side corner shape, ultimate strength, FEM Method
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:29
Last Modified: 20 Sep 2023 02:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27850

Actions (login required)

View Item
View Item