A’BAJU GOLLA KALUARA : KREATIVITAS BUDAYA KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) BUHUNG LALI DALAM PENGOLAHAN TANAMAN AREN = A'BAJU GOLLA KALUARA: CULTURAL CREATIVITY OF BUHUNG LALI'S FOREST FARMER GROUP (KTH) IN THE PROCESSING OF AREN PLANTS


Hasbi, Nurul Annisaa (2023) A’BAJU GOLLA KALUARA : KREATIVITAS BUDAYA KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) BUHUNG LALI DALAM PENGOLAHAN TANAMAN AREN = A'BAJU GOLLA KALUARA: CULTURAL CREATIVITY OF BUHUNG LALI'S FOREST FARMER GROUP (KTH) IN THE PROCESSING OF AREN PLANTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071191071_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E071191071_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071191071_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071191071_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Aren merupakan salah satu tanaman kehutanan yang ternyata cukup banyak dikelolah oleh masyarakat suatu daerah. Bahkan sampai hari ini ternyata masih ada sekelompok masyarakat yang mengolah aren menjadi gula semut dengan cara kerja manual. Praktik a’baju golla kaluara adalah sebutan atas pengolahan tersebut dan dilakukan oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Buhung Lali. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan praktik a’baju golla kaluara sebagai suatu kreativitas budaya Kelompok Tani Hutan (KTH) Buhung Lali dalam pengolahan aren yang dilakukan di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan wawancara mendalam. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari 10 (sepuluh orang) yang berprofesi sebagai ketua kelompok tani hutan, anggota kelompok tani hutan, penyuluh kelompok tani hutan, mahasiswa kehutanan dan sekretaris desa.
Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan praktik a’baju golla kaluara sebagai suatu kreativitas budaya dilengkapi sistem pengetahuan pengolahan aren yang dimiliki Kelompok Tani Hutan (KTH) Buhung Lali secara turun temurun. Sistem pegetahuan tersebut meliputi manfaat, perlakuan dan hasil produk olahan dari aren. Selanjutnya praktik tersebut termasuk ke dalam kreativitas budaya sebagai suatu hal keterbaruaan dalam fenomena hidup yang disertai beberapa nilai kebudayaan. Dalam pelaksanaan praktik ternyata terdapat ritual-ritual khusus yang diterapkan dan cara-cara khas yang masih dilestarikan sebagai langkah-langkah pada kegiatan produksi dan distribusi produk golla kaluara. Selain itu, praktik tersebut juga berimplikasi pada beberap bidang kehidupan seperti ekonomi/mata pencaharian, kesehatan, perhutanan sosial, politik dan pemerintahan, hubungan kekerabatan dan organisasi sosial.

Keywords : Aren, A’baju Golla Kaluara, Kreativitas Budaya, Kelompok Tani Hutan Buhung Lali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Palm, A'baju Golla Kaluara, Cultural Creativity, Buhung Lali Forest Farmer Group
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:20
Last Modified: 20 Sep 2023 03:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27808

Actions (login required)

View Item
View Item