KEKERASAN DALAM PACARAN DI KOTA MAKASSAR: SUATU STUDI ANTROPOLOGI = DATING VIOLENCE IN MAKASSAR: AN ANTHROPOLOGICAL STUDY


Ervina, Ervina (2023) KEKERASAN DALAM PACARAN DI KOTA MAKASSAR: SUATU STUDI ANTROPOLOGI = DATING VIOLENCE IN MAKASSAR: AN ANTHROPOLOGICAL STUDY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071181017_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E071181017_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071181017_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071181017_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kekerasan terhadap perempuan menjadi isu hangat di kalangan masyarakat dengan melihat banyaknya kasus yang tercatat oleh KOMNAS Perempuan sebanyak 10.247 kasus. Salah satu jenis kekerasan terhadap perempuan yaitu KDP atau Kekerasan Dalam Pacaran. Jenis kekerasan tersebut termasuk dalam kekerasan pada ranah personal yang juga banyak terjadi pada perempuan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menjelaskan penyebab terjadinya kekerasan dalam pacaran, mendeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan dalam pacaran dan bagaimana proses penyelesaian masalah terkait kasus kekerasan dalam pacaran. Peneltian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan informan yang diguakan adalah metode snowball sampling (pemilihan berdasarkan networking) yang dilakukan di Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengamatan (obeservasi), wawancara mendalam, dan studi literatur.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyebab terjadinya kekerasan dalam pacaran di Kota Makassar adalah karena adanya pemahaman yang keliru terkait makna pacaran yang menyebabkan adanya kontrol dalam sebuah hubungan serta lemahnya kontrol diri pelaku. Adapun bentuk-bentuk kekerasan yang dialami oleh perempuan penyintas kekerasan dalam pacaran yaitu kekerasan fisik, kekerasan verbal, kekerasan psikis dan kekerasan ekonomi. Untuk penyelesaian kasus kekerasan dalam pacaran berdasarkan kasus informan diselesaikan dengan cara memutuskan hubungan mereka. Sedangkan berdasarkan UPTDPPA, kasus kekerasan dalam pacaran akan diselesaikan berdasarkan jenis kekerasan yang diterima oleh korban, biasanya akan diselesaikan dengan cara restoratif (kekeluargaan), atau jika kekerasan yang terjadi adalah kekerasan secara seksual atau kekerasan terhadap anak maka akan diselesaikan menggunakan hukum yang berlaku. Kekerasan dalam pacaran belum memiliki payung hukum yang mengatur tentang hal itu, yang menyebabkan banyak orang yang tidak mengetahui bahkan tidak sadar jika mereka terlibat dalam kekerasan. Karena dalam hubungan, khususnya pacaran merupakan ranah personal, tidak sedikit orang yang justru acuh, dan meremehkan hal tersebut.

Keywords : KDP, Perempuan, Pacaran, Toxic Relationship.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KDP, Women, Courtship, toxic Relationship
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:00
Last Modified: 20 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27786

Actions (login required)

View Item
View Item