STRATEGI "BALANCE OF THREAT" AMERIKA SERIKAT TERHADAP ANCAMAN TIONGKOK DI KAWASAN INDO-PASIFIK MELALUI PAKTA KEAMANAN 'AUKUS' = THE UNITED STATES' "BALANCE OF THREAT" STRATEGY AGAINST CHINA THREATS IN THE INDO-PACIFIC REGION THROUGH THE 'AUKUS' SECURITY PACT


Alarsah, Chantika Salsabila (2023) STRATEGI "BALANCE OF THREAT" AMERIKA SERIKAT TERHADAP ANCAMAN TIONGKOK DI KAWASAN INDO-PASIFIK MELALUI PAKTA KEAMANAN 'AUKUS' = THE UNITED STATES' "BALANCE OF THREAT" STRATEGY AGAINST CHINA THREATS IN THE INDO-PACIFIC REGION THROUGH THE 'AUKUS' SECURITY PACT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061191110_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E061191110_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061191110_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061191110_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis bagaimana AUKUS dilancarkan sebagai bentuk “Balance of Threat” Amerika Serikat terhadap ancaman Tiongkok di kawasan Indo-Pasifik dan juga menganalisis dampak yang telah eksis hingga potensi yang dapat terjadi ke depannya terhadap dinamika keamanan kawasan Indo-Pasifik akibat kehadiran AUKUS di kawasan tersebut.
Penelitian ini menggunakan teori “Balance of Threat” untuk mengidentifikasi motif pembentukan AUKUS oleh Amerika Serikat dan teori “Regional Security Complex” untuk menganalisis dampak dari pembentukan AUKUS tersebut dengan menggunakan tingkat analisis domestik dan regional. Tingkat analisis domestik akan menganalisis dampak AUKUS terhadap kebijakan keamanan Tiongkok, kemudian tingkat analisis regional akan menganalisis dampak AUKUS terhadap dinamika keamanan kawasan Indo-Pasifik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif Amerika Serikat melakukan penyeimbangan terhadap Tiongkok tidak hanya disebabkan oleh kekuatan Tiongkok yang meningkat, akan tetapi bagaimana kekuatan tersebut ditunjukkan melalui tindakan agresif yang mengancam keamanan nasional AS dan sekutunya. Ancaman tersebut mencakup aspek kekuatan agregat, kekuatan ofensif, intensi agresif, hingga kedekatan geografis. Akibat adanya ancaman tersebut, Amerika Serikat membentuk pakta keamanan trilateral ‘AUKUS’ bersama dengan Australia dan Inggris untuk merespon peningkatan ancaman Tiongkok, khususnya di Indo-Pasifik. Penelitian ini juga menemukan untuk saat ini dampak AUKUS terhadap dinamika kawasan Indo-Pasifik belum dapat diidentifikasi, sebagaimana pembentukan AUKUS masih baru. Akan tetapi, pembentukan AUKUS ini telah membawa pengaruh terhadap peningkatan kapabilitas militer Tiongkok, yang nantinya peningkatan kapabilitas tersebut berpotensi untuk mempengaruhi peningkatan kapabilitas militer negara-negara Indo-Pasifik lainnya di masa yang akan datang, menjadikan kompleks keamanan kawasan di Indo-Pasifik terbentuk.

Keywords : AUKUS, Balance of Threat, Amerika Serikat, Tiongkok, Indo-Pasifik, Ancaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AUKUS, Balance of Threat, United States of America, China, Indo-Pacific, Threats
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:39
Last Modified: 20 Sep 2023 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27758

Actions (login required)

View Item
View Item