Kepentingan Amerika Serikat Dalam Sengketa Kepulauan Senkaku/Diaoyu Pada Masa Pemerintahan Presiden Barack Obama dan Donald Trump = United States Interests in the Senkaku/Diaoyu Islands Dispute During the Administration of Barack Obama and Donald Trump


Mardani, Wa Ode Elsa (2023) Kepentingan Amerika Serikat Dalam Sengketa Kepulauan Senkaku/Diaoyu Pada Masa Pemerintahan Presiden Barack Obama dan Donald Trump = United States Interests in the Senkaku/Diaoyu Islands Dispute During the Administration of Barack Obama and Donald Trump. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181004_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E061181004_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181004_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181004_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sengketa Kepulauan Senkaku/Diaoyu di Laut China Timur antara Jepang dan China belum mendapatkan titik terang hingga saat ini. Jepang dan China masing-masing mengajukan pengklaimannya untuk memenuhi ambisi mereka dalam memiliki Kepulauan Senkaku/Diaoyu karena diketahui kepulauan tersebut menyimpan potensi sumber daya minyak dan perikanan yang melimpah. Di bawah kerangka Japan-U.S. Security Treaty, Amerika Serikat pun ikut terlibat dalam persengketaan ini sebagai penyedia payung keamanan bagi Jepang apabila sewaktu-waktu Jepang mendapatkan serangan dari China terkait konflik yang tengah terjadi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepentingan Amerika Serikat dalam sengketa Kepulauan Senkaku/Diaoyu pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama dan Donald Trump dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi dinamika sikap Amerika Serikat terhadap Jepang dalam sengketa Kepulauan Senkaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan menggunakan teknik studi dokumen dan studi literatur/studi kepustakaan yang dianalisa secara mendetail dan mendalam.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bersamaan dengan meningkatnya tensi atas konflik tersebut, Barack Obama dan Donald Trump sama-sama menyatakan dukungannya kepada Jepang untuk melawan China dengan berbagai kebijakan-kebijakan utamanya di bidang militer. Selain itu, sikap yang diambil oleh Obama dan Trump memiliki perbedaan yaitu dari segi pengambilan sikap yang terkadang mempertahankan netralisitas namun di sisi lain bersih keras siap untuk mendukung Jepang. Dalam menilai posisi Amerika Serikat tersebut, Penulis menemukan bahwa adanya agenda kepentingan nasional di kawasan yang berusaha di wujudkan oleh Amerika Serikat.

Keywords : Sengketa Kepulauan Senkaku/Diaoyu, Amerika Serikat, China, Jepang, Aliansi Keamanan AS-Jepang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Senkaku/Diaoyu Islands Dispute, United States of America, China, Japan, US-Japan Security Treaty
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:30
Last Modified: 20 Sep 2023 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27750

Actions (login required)

View Item
View Item