Posisi Perempuan Dalam Jabatan Publik Di Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa = The Position of Women in Public Offices at the Gowa District Education Office


Putri, Shalzahirah Rakita (2022) Posisi Perempuan Dalam Jabatan Publik Di Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa = The Position of Women in Public Offices at the Gowa District Education Office. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041181329_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E041181329_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041181329_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041181329_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Birokrasi merupakan salah satu ruang yang hari ini menjadi salah satu perhatian dalam perjuangan kesetaraan kaum perempuan. Perempuan sebagai kelompok penduduk yang jumlahnya mayoritas ditantang untuk ambil bagian menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungannya, termasuk didalamnya jabatan struktural birokrasi. Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa merupakan salah satu contoh kecil dari peran perempuan yang mendominasi jabatan struktural birokrasi. Sehingga dalam penelitian ini yang menjadi pokok pembahasan adalah mengapa perempuan mendominasi jabatan struktural di Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa serta bagaimana identifikasi gender dalam penentuan pejabat struktural Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan analisis terkait faktor-faktor yang memungkinkan lebih banyaknya perempuan dalam menduduki posisi dibanding laki-laki serta bagaimana identifikasi gender digunakan dalam pengisian posisi jabatan structural di Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai beberapa informan yang sekiranya dapat menjawab rumusan masalah yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini. Penulis menggunakan perspektif feminisme dan Teori Feminisme Liberal. Adapun konsep yang digunakan yakni konsep gender, perempuan dan jabatan publik.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat 2 faktor yang menyebabkan dominasi perempuan di jabatan struktural, yakni pertama faktor normatif meliputi regulasi terkait pengarusutamaan gender serta pengalaman kerja dan yang kedua adalah faktor politik meliputi kepentingan pemda dalam hal ini Bupati Gowa. Hal tersebut mengungkap bahwa identifikasi gender tidak lagi menjadi indikator utama, jabatan yang diberikan atas dasar kemampuan dan keahlian dan dengan demikian laki-laki serta perempuan memiliki peluang atau akses yang sama.

Keywords : Perempuan, Jabatan Struktural, Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Woman, Structural Department, Gowa District Education Office
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:43
Last Modified: 19 Sep 2023 06:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27726

Actions (login required)

View Item
View Item