PEMAKNAAN SMARTPHONE DAN PERILAKU SOSIAL MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar) = The Meaning of Smartphone and Students' Social Behavior: A Case Study on Students of Faculty Medicine and Health Sciences, the State Islamic University Alauddin of Makassar.


Sesady, Siti Fatmawati (2023) PEMAKNAAN SMARTPHONE DAN PERILAKU SOSIAL MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar) = The Meaning of Smartphone and Students' Social Behavior: A Case Study on Students of Faculty Medicine and Health Sciences, the State Islamic University Alauddin of Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032201001_tesis_24-05-2023 cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E032201001_tesis_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032201001_tesis_24-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032201001_tesis_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
SITI FATMAWATI SESADY. Pemaknaan Smartphone dan Perilaku Sosial Mahasiswa (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar) (dibimbing oleh Nuvida RAF dan Rahmat Muhammad).
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan dan mendeskripsikan 1. Pemaknaan smartphone di kalangan mahasiswa fakultas kedokteran dan ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. 2. Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perilaku sosial dari pemaknaan smartphone bagi mahasiswa fakultas kedokteran dan ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.
Penelitian ini dilakukan, di UIN Alauddin Makassar, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sampel dikumpulkan dengan Teknik purposive sampling, dan menggunakan pendekatan studi kasus. Jumlah informan sebanyak 13 orang yang memenuhi kriteria informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna smartphone bagi mahasiswa fakultas kedokteran dan ilmu Kesehatan UINAM terbagi menjadi tiga yaitu: pertama, smartphone sebagai kebetuhan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dimana smartphone digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, orang tua, dosen dan keluarga yang berada diluar pulau. kedua, smartphone sebagai alat untuk mengakses internet dan sumber informasi dimana smartphone sangat mempermudah mahasiswa dalam mencari artikel, jurnal ataupun berita yang sedang berkembang dimasyarakat. Ketiga, smartphone sebagai alat penambah percaya diri dimana mahasiswa menjadikan smartphone sebagai bagian dari gaya hidup untuk kebutuhan menyenangkan diri. Perilaku sosial dari pemaknaan smartphone yaitu pertama, mahasiswa menganggap bahwa orang yang tidak memiliki smartphone sebagai orang yang tidak gaul dan tidak dapat beradaptasi dengan masyarakat yang semakin modern. Sehingga ikut menggunakan smartphone yang sama dengan temannya agar tidak dianggap ketinggalan. Kedua, Brand smartphone dapat memberi prestise tersendiri bagi penggunanya dan mempresentasikan status sosial ekonomi dikalangan pertemanan. Ketiga, Mahasiswa menunjukkan sifat tidak nyaman ketika berbeda dengan mahasiswa yang lain sehingga keinginan untuk memiliki dan mengganti smartphone yang digunakan semakin tinggi.

Kata Kunci: Makna, Smartphone, Mahasiswa dan Perilaku Sosial

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Meaning, Smartphone, Student, Social behavior
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:48
Last Modified: 19 Sep 2023 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27714

Actions (login required)

View Item
View Item