Solidaritas Sosial Dalam Mencegah Tindakan Kriminal di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa = The Process of Forming Social Solidarity Among the Community in Handling and Prevention of Criminal Actions in Samata Village - Gowa Regency


Cahyadi, Heru (2023) Solidaritas Sosial Dalam Mencegah Tindakan Kriminal di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa = The Process of Forming Social Solidarity Among the Community in Handling and Prevention of Criminal Actions in Samata Village - Gowa Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032191001_tesis_03-05-2023 cover1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E032191001_tesis_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032191001_tesis_03-05-2023 dp.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032191001_tesis_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Heru Cahyadi. Solidaritas Sosial dalam Mencegah Tindakan Kriminal di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. (Dibimbing oleh Rahmat Muhammad dan Nuvida Raf)
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses pembentukan solidaritas sosial di kalangan masyarakat Samata, Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses pembentukan solidaritas sosial di kalangan masyarakat serta menjelaskan dan menganalisis bagaimana solidaritas sosial dipertahankan oleh masyarakat dalam mencegah dan menangani masalah kriminal di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, meliputi rangkaian kegiatan yang sistematik untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang diajukan. Ada delapan informan dalam penelitian ini, yang terdiri dari tokoh masyarakat, orang-orang yang tinggal di Kelurahan Samata, dan beberapa aparat keamanan. Jika dilihat dari jenis dan obyek yang diteliti, maka penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian studi kasus dengan maksud memberikan gambaran tentang proses pembentukan solidaritas sosial di Kelurahan Samata Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuknya solidaritas sosial di kalangan masyarakat bermula saat kondisi keamanan di Kelurahan Samata mulai lemah dikarenakan sering mengalami kehilangan barang berharga seperti uang, ternak dan barang berharga lainnya, sehingga masyarakat berinisiatif untuk melakukan penjagaan mandiri salah satunya dengan melakukan jaga malam atau ronda yang dilakukan secara bergilir antar masyarakat setempat.

Kata Kunci : Solidaritas sosial, tindakan kriminal

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Social Solidarity, Criminal acts
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:35
Last Modified: 19 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27712

Actions (login required)

View Item
View Item