AKSI TERORISME DI KOTA MAKASSAR (Studi Analisis Framing) = ACTION OF TERRORISM IN THE CITY OF MAKASSAR (Framing Analysis Study)


Sanusi, Arham Ichwardani (2023) AKSI TERORISME DI KOTA MAKASSAR (Studi Analisis Framing) = ACTION OF TERRORISM IN THE CITY OF MAKASSAR (Framing Analysis Study). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032181012_tesis_03-05-2023 cover1.jpg

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E032181012_tesis_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032181012_tesis_03-05-2023 dp.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032181012_tesis_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ARHAM ICHWARDANI S. AKSI TERORISME DI KOTA MAKASSAR: Studi Analisis Framing (dibimbing oleh Suparman Abdullah dan Buchari Mengge).

Penelitian ini bertujuan mengkaji aksi terorisme di Kota Makassar dalam bingkai framing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi masyarakat terhadap aksi terorisme serta peran media dalam mebentuk opini masyarakat, sehingga melahirkan tindakan atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari baik dalam berperilaku serta berinteraksi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dipadukan bersama analisis konten. Informan dalam penelitain ini berjumlah enam (6) orang yang ditentukan menggunakan teknik purposif sampling yaitu pengambilan informan dilakukan secara sengaja berdasarkan kapasitas dan kapabilitas dalam artian benar-benar paham dibidangnya dan dilanjutkan menggunakan metode snowball. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta data-data sekunder yang relevan dengan topik penelitian yang diperoleh dari buku-buku, laporan resmi pemerintah, dokumen-dokumen, jurnal, koran, majalah dan internet.
Hasil penelitian menunjukan (1) kedekatan kejadian tindakan aksi terorisme mempengaruhi bagaimana masyarakat merespon dan perilaku terhadap kejadian aksi terorisme, selain itu munculnya sikap mawas diri terhadap orang-orang yang memiliki simbol atau identik dengan seorang teroris sehingga masyarakat cenderung memilih untuk tidak berteman atau berinteraksi bahkan menghindari orang yang memiliki simbol yang sama dengan teroris; (2) informasi dari berita yang di dapatkan dari media terkait aksi terorisme menggiring persepsi masyarakat terhadap apa yang terjadi. Pelekatan simbo-simbol serta latar belakang seperti agama, kelompok serta gaya berpakaian melabeli aksi terorisme tertuju kepada agama tertentu sehingga muncul stereotype. Hal ini tidak lepas dari peran media baik media konvensional ataupun media digital dalam mem-framing pesan-pesan berita yang ditampilkan. Kepercayaan masyarakat kepada informasi yang diberitakan secara berulang-ulang membuat masyarakat menyikapinya dengan berbagai perilaku baik dalam mengekspresikan perasaannya, tindakannya, sikapnya, keyakinannya, kenangannya, serta rasa hormatnya.

Keywords : Persepsi, Framing, Aksi Terorisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perception, Framing, Action of terrorrism
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:48
Last Modified: 19 Sep 2023 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27711

Actions (login required)

View Item
View Item