PENGARUH GERAKAN PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT (PATBM) TERHADAP PERLINDUNGAN ANAK DI DESA PABBENTENGAN KABUPATEN MAROS = THE INFLUENCE OF THE (PATBM) COMMUNITY BASED INTEGRATED CHILD PROTECTION MOVEMENT ON CHILD PROTECTION IN PABENTENGAN BILAGE, MAROS REGENCY


Syafrizal, Andi Muhammad (2023) PENGARUH GERAKAN PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT (PATBM) TERHADAP PERLINDUNGAN ANAK DI DESA PABBENTENGAN KABUPATEN MAROS = THE INFLUENCE OF THE (PATBM) COMMUNITY BASED INTEGRATED CHILD PROTECTION MOVEMENT ON CHILD PROTECTION IN PABENTENGAN BILAGE, MAROS REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031191058_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E031191058_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031191058_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031191058_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Muhammad Syafrizal, E031191058 “Pengaruh Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Terhadap Perlindungan Anak di Desa Pa'bentengan kabupaten Maros”. Dibimbing oleh Drs. Arsyad Genda, M., Si dan Suryanto, S.Sos., M.Si Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas hasanuddin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) terhadap perlindungan anak di Desa Pabentengan Kabupaten Maros dan upaya Gerakan PATBM dalam memberikan perlindungan terhadap anak. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Desember 2022 – Januari 2023 dengan menggunakan pendekatan mixed method. Dalam metode penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Sensus. Sebagaimana penelitian ini menggunakan seluruh kelompok populasi untuk dijadikan sampel. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Desa Pabentengan yang dalam hal ini telah mengikuti sosialisasi serta mengetahui Gerakan Perlindungan Anak terpadu Berbasis masayarakat (PATBM) di Desa Pabentengan Kabupaten Maros.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) terhadap perlindungan anak di Desa Pabentengan Kabupaten maros. Ini dibuktikan dari hasil temuan pada penelitian yang menunjukan sebanyak 21 % masyarakat setuju gerakan PATBM mampu mengatasi kasus kenakalan remaja. Pada uji hipotesis dengan uji t juga menunjukan yakni, thitung (2,146) > ttabel (1,67022) dengan tingkat signifikan pada tabel sebesar 0,035 yang artinya 0,035< 0,05 maka H1 diterima. Hal ini berarti gerakan PATBM secara signifikan mempengaruhi perlindungan anak di Desa Pa'bentengan Kabupaten Maros. Selain itu gerakan PATBM telah menjalankan perannya sebagai Alternative Sosial Movment yaitu sebuah gerakan sosial yang mampu merubah sikap atau perilaku seseorang yang tidak sesuai dengan nilai/norma yang berlaku di lingkungannya.
Adapun upaya yang telah dirancang dan dijalankan Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Desa Pabentengan diantaranya, Sosialisasi Perlindungan anak, melakukan pendampingan kasus, serta berbagai macam kegiatan pencegahan terhadap masalah-masalah pada anak. Hal tersebut terbukti dari hasil temuan pada penelitian yakni 30% masyarakat mengaku bahwa Gerakan PATBM sering melakukan sosialisasi perlindungan anak. Selain itu, sebagian atau 15% masyarakat merasakan upaya gerakan PATBM dalam melakukan pendampingan kasus terhadap anak yang menjadi korban kekerasan. Upaya lain juga dilakukan gerakan PATBM dalam perannya sebagai kontrol sosial yaitu dengan menciptakan aturan pembatasan jam keluar malam, pengadaan poster edukasi perlindungan anak, serta pemasangan lampu penerangan di beberapa tempat yang gelap.

Keywords : Gerakan Sosial, Gerakan PATBM, Upaya perlindungan anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Movements, PATBM Movement, Child Protection Efforts
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:35
Last Modified: 19 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27708

Actions (login required)

View Item
View Item