STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG INFORMAL DI TENGAH PERKEMBANGAN ONLINE SHOP (Studi Kasus Pedagang Informal Di Pasar Sentral Kota Makassar Sulawesi Selatan) = INFORMAL TRADERS SURVIVAL STRATEGIES IN ONLINE SHOP DEVELOPMENT (Case Study of Informal Traders at Central Market in Makassar City, South Sulawesi)


Luthfi, Muh. (2023) STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG INFORMAL DI TENGAH PERKEMBANGAN ONLINE SHOP (Studi Kasus Pedagang Informal Di Pasar Sentral Kota Makassar Sulawesi Selatan) = INFORMAL TRADERS SURVIVAL STRATEGIES IN ONLINE SHOP DEVELOPMENT (Case Study of Informal Traders at Central Market in Makassar City, South Sulawesi). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031191019_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E031191019_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031191019_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031191019_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Luthfi (E031191019). STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG INFORMAL DI TENGAH PERKEMBANGAN ONLINE SHOP (Studi Kasus Pedagang Informal Di Pasar Sentral Kota Makassar Sulawesi Selatan). Dibimbing oleh Prof. Dr. Suparman Abdullah M,si dan Ridwan Syam S.sos. M,si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pedagang informal dalam memasarkan jualannya secara konvensional ditengah perkembangan online shop dan untuk mengetahui bentuk strategi yang dilakukan pedagang informal ditengah perkembangan online shop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, dan strategi penelitian dengan bentuk studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil enam data dari pedagang informal dan dua data dari pengelola pasar sentral kota penentuan informan dengan purposive sampling yang memenuhi minimal dua karakteristik sampel.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pedagang informal di pasar sentral kota makassar memiliki dua motif tindakan yaitu; motif struktural dan motif cultural. Motif cultural yang dilakukan disebabkan Hal-hal kejadian atau pengalaman yang bersifat nilai, norma, kepercayaan dan semua kebiasaan serta adat istiadat yang telah mendarah daging (internalized) kemudian menjadi alasan pedagang informal di Pasar Sentral Kota Makassar berdagang secara konvensional dan motif struktural yang disebabkan Hal-hal atau kejadian yang bersifat struktural seperti adanya lembaga legal-formal, undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang menjadi latar belakang pedagang informal di Pasar Senttral Kota Makassar dalam melakukan suatu (dalam hal ini berdagang secara konvensional). Selanjutnya pada bentuk strategi bertahan pedagang informal ditengah perkembangan online shop yaitu mengikuti trend mode, lokasi yang startegis, promo harga atau diskon dan jaringan sosial. Dalam penelitian ini juga menjabarkan motif dan dominasi di balik motif pedagang informal menggunakan mode konvensional,formula strategi aktif berjejaring: menahan gerak pasar online, one dimensional shop: ketidakhadiran pasar online di kalangan pedagang pasar informal pasar sentral kota makassar.

Kata kunci: Strategi Bertahan, Motif, Pedagang Informal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Defensive Strategies, Motives, Informal Traders
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:28
Last Modified: 18 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item
View Item