Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jenis Pengobatan Pada Masyarakat Perkotaan Di Kelurahan Pai, Kota Makassar (Suatu Kajian Sosiologi Kesehatan) = The Level of Society Belief In The Type of Medication in Urban Communities at Pai Sub-District, Makassar City (A Study Sociology Of Health)


Alwy, Putri Ainun Ratna (2023) Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jenis Pengobatan Pada Masyarakat Perkotaan Di Kelurahan Pai, Kota Makassar (Suatu Kajian Sosiologi Kesehatan) = The Level of Society Belief In The Type of Medication in Urban Communities at Pai Sub-District, Makassar City (A Study Sociology Of Health). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031181308_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E031181308_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031181308_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031181308_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Putri Ainun Ratna Alwy. E031181308. “Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jenis Pengobatan Pada Masyarakat Perkotaan Di Kelurahan Pai, Kota Makassar (Suatu Kajian Sosiologi Kesehatan)”. Dibimbing oleh Sultan, S.Sos, M.Si dan Suryanto, S.Sos, M.Si. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Beragam kepercayaan yang tumbuh dalam masyarakat mengenai berbagai metode pengobatan yaitu pengobatan tradisional dan pengobatan modern. Saat ini pengobatan tradisional dan pengobatan modern telah menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat pada aspek kesehatan. Fenomena yang ada pada masyarakat tersebut yang menjadi landasan dilakukannya penelitian ini. Dengan tujuan untuk melihat tingkat kepercayaan yang ada pada masyarakat mengenai metode pengobatan tradisional dan metode pengobatan modern, serta faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hal tersebut.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, tipe deskriptif dengan strategi penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pai, Kota Makassar dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 98 rumah tangga. Proses analisis data menggunakan metode garis kontinum untuk mengukur tingkat kepercayaan masyarakat.
Hasil penelitian bahwa, masyarakat mempercayai kedua metode pengobatan untuk digunakan ketika sedang sakit. Pada hasil pengukuran skala, kedua metode pengobatan tradisional dan pengobatan modern masih berada dalam kategori percaya, namun tingkat kepercayaan pada pengobatan modern memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi yaitu mencapai 73%, sehingga artinya lebih dominan ke pengobatan modern. Dengan adanya hasil tersebut yang berarti bahwa hipotesis Ha diterima yaitu tingkat Kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan pengobatan modern lebih tinggi dari pada penggunaan pengobatan tradisional. Kedua metode pengobatan masih digunakan secara bergantian oleh masyarakat, pilihan dalam menggunakan metode pengobatan di pengaruhi oleh tingkat keseriusan penyakit yang dialami serta beberapa faktor lainnya seperti dari faktor internal dapat berupa keefektifan pengobatan, kepercayaan pada metode pengobatan, penggunaan biaya dan kebiasaan diri sendiri. Pada faktor eksternal dapat berupa informasi dari orang lain dan tradisi yang ada pada lingkungan.

Kata Kunci: Sosiologi Kesehatan, Kepercayaan Masyarakat, Pengobatan Tradisional, Pengobatan Modern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sociology of Health, Society Belief, Traditional Medicine, Modern Medicine
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:33
Last Modified: 19 Sep 2023 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27693

Actions (login required)

View Item
View Item