FUNGSI DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEREMPUAN MELALUI KEGIATAN PEMBERDAYAAN (Survei Pada Lembang Saluallo, Kecamatan Sangalla Utara, Kabupaten Tana Toraja) = THE FUNCTION OF VILLAGE FUNDS IN INCREASING WOMEN'S INCOME THROUGH EMPOWERMENT ACTIVITIES (Survey on Lembang Saluallo, North Sangalla District, Tana Toraja District)


Usi, Delviana (2023) FUNGSI DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEREMPUAN MELALUI KEGIATAN PEMBERDAYAAN (Survei Pada Lembang Saluallo, Kecamatan Sangalla Utara, Kabupaten Tana Toraja) = THE FUNCTION OF VILLAGE FUNDS IN INCREASING WOMEN'S INCOME THROUGH EMPOWERMENT ACTIVITIES (Survey on Lembang Saluallo, North Sangalla District, Tana Toraja District). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031181009_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E031181009_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031181009_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031181009_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Delviana Usi . E031181009. Penelitian ini berjudul Fungsi Dana Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Perempuan Melalui Kegiatan Pemberdayaan (Survei Pada Lembang Saluallo, Kecamatan Sangalla Utara, Kabupaten Tana Toraja. Dibimbing oleh Dr. Mansyur Radjab, M.Si sebagai pembimbing satu, dan Dr. Sakaria, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing dua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dana desa dalam meningkatkan pendapatan perempuan melalui kegiatan pemberdayaan pada Lembang Saluallo, kecamatan sangalla utara, Kabupaten Tana Toraja. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Strategi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sebanyak 60 responden.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa dana desa telah berfungsi di Lembang Saluallo dalam bidang sosial, bidang ekonomi dan bidang ekologi/lingkungan dan dana desa dipergunakan dengan baik sesuai amanat undang-undang. Program Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Lembang Saluallo untuk perempuan seperti menenun, menjahit, pembuatan tas kur, pembuatan kue, budidaya ayam kampung, dan pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk sayur-sayuran dan obat-obatan.Melalui pemberdayaan tersebut masyarakat Lembang Saluallo khususnya perempuan yang dulunya hanya tinggal di rumah mengerjakan pekerjaan rumah dan tidak memiliki penghasilan kini memiliki penghasilan sendiri, sehingga mampu membantu perekonomian keluarganya dan perempuan lebih disegani dalam masyarakat Lembang Saluallo.

Kata Kunci : Dana Desa, Pemberdayaan, Pendapatan, Sosial, Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Village Funds, Empowerment, Income, Social, Economic
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:31
Last Modified: 19 Sep 2023 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27692

Actions (login required)

View Item
View Item