Bertani Jagung Hibrida (Kajian Etnografi Pengambilan Keputusan) Di Desa Suka Damai Kabupaten Gorontalo = Farming Hybrid Corn (An Ethnographic Study of Decision Making) in Suka Damai Village of Gorontalo Province


Musa, Farid Th. (2023) Bertani Jagung Hibrida (Kajian Etnografi Pengambilan Keputusan) Di Desa Suka Damai Kabupaten Gorontalo = Farming Hybrid Corn (An Ethnographic Study of Decision Making) in Suka Damai Village of Gorontalo Province. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E023192008_disertasi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E023192008_disertasi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E023192008_disertasi_04-05-2023 dp.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E023192008_disertasi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) mengungkap dan menganalisis sistem pengetahuan petani yang berkaitan dengan input produksi pertanian jagung hibrida; (2) menjelaskan sistem pengambilan keputusan; dan (3) menggambarkan tahap-tahap kegiatan pertanian terkait pemanfaatan input-input produksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dan tidak terstruktur serta observasi guna mendapatkan pengetahuan petani tentang jagung hibrida. Adapun yang terlibat dalam penelitian ini adalah petani yang mengetahui secara detail input-input produksi dan mayarakat yang terlibat secara tidak langsung dalam usaha tani jagung hibrida. Penentuan informan dilakukan berdasarkan pada usia, pendidikan, dan modal yang dimiliki. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) usaha tani jagung hibrida membutuhkan pengetahuan yang berkaitan dengan bibit unggul jagung hibrida, pupuk, dan obat-obatan. Terdapat perbedaan timbangan padahal jenisnya sama, yakni bibit jagung hibrida. Misalnya, varietas jagung hibrida NK memiliki produksi yang banyak, tetapi tidak cocok di daerah yang bercurah hujan tinggi; varietas jagung hibrida Bisi memiliki keunggulan dalam cuaca apa pun dan ditanam yang berbeda unsur haranya, tetapi timbangan ringan; terdapat perbedaan ukuran pada setiap janis jagung; terdapat perbedaan warna butiran jagung; terdapat perbedaan terhadap daya tahan penyakit pada setiap jenis jagung hibrida; dan terdapat perbedaan harga; (2) pengetahuan petani tentang input-input produksi berkaitan varietas unggul jagung hibrida terdiri atas berbagai merk dan setiap merk memiliki kekurangan dan kelebihan; berkaitan dengan penggunaan pupuk dalam setiap musim tanam, berkaitan dengan penggunaan obat-obatan yang terdiri atas berbagai macam merk, sangat berpengaruh ketika memilah dan memilih yang paling tepat untuk pengambilan keputusan; dan (3) usaha tani jagung hibrida sangat berkaitan pemanfaatan lahan tidur; pembersihan gulma dengan menggunakan obat- obatan; penanaman benih, pemupukan dan penyiangan, pemanenan, pascapanen, dan pemasaran. Pada pemanfaatan lahan ini telah dibentuk status sosial petani, yakni pemilik, penggarap, dan penyakap buruh tani. Penyemprotan obat-obatan, penanaman benih, dan panen telah menciptakan lapangan baru bagi masyarakat di Desa Suka Damai sebagai tenaga kerja harian. Pascapanen sangat berkaitan dengan teknologi modern untuk pengangkutan dari lahan pertanian ke tempat pemipilan jagung.

Kata kunci: petani, jagung hibrida, input produksi, pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: farmers, hybrid corn, production inputs, decision making
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:20
Last Modified: 19 Sep 2023 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27684

Actions (login required)

View Item
View Item