Analisis Iklim dan Budaya Organisasi Jurnalis Media Online Makassar Terkini = Analysis of Organizational Climate and Culture of the Journalist at Makassar Terkini


Gani, Rasni (2023) Analisis Iklim dan Budaya Organisasi Jurnalis Media Online Makassar Terkini = Analysis of Organizational Climate and Culture of the Journalist at Makassar Terkini. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022202025_tesis_14-03-2023 cover1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E022202025_tesis_14-03-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daous] Text (Daous)
E022202025_tesis_14-03-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022202025_tesis_14-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini menganalisis Iklim Organisasi jurnalis di media online Makassar Terkini, menganalisis Budaya Organisasi jurnalis di media online Makassar Terkini, dan menganalisis hambatan penerapan iklim dan budaya organisasi jurnalis media online Makasar Terkini.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yakni penelian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari narasumber. Informan dalam penelitian ini terdiri atas 12 orang. Data primer adalah hasil wawancara informan dan data sekunder merupakan data pendukung yang diperoleh dari berbagai referensi yakni jurnal, buku, thesis, artikel, dan internet. Peneliti memperoleh informasi dari informan di kantor Makassar Terkini berlokasi di Jl Mappaoddang No 8 Makassar, Sulawesi Selatan serta wawancarai informan di lokasi liputan. Penulis juga mewawancarai informan melalui online untuk karyawan yang berada di luar kota Makassar dan di luar provinsi Sulawesi Selatan. Seluruh data dianalisi menggunakan beberapa teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, iklim organisasi Makassar Terkini budaya organisasi dinilai cukup baik membuat karyawan merasa nyaman menjalankan tugas sehari-hari. Hubungan sesama karyawan cukup akrab begitu pula hubungan kerja antara karyawan dan atasan. Fasilitas yang disediakan pihak manajemen Makassar Terkini lengkap dan update sesuai dengan kebutuhan media digital terbaru. Kedua, budaya organisasi Makassar Terkini berubah seiring dengan produk dan layanan digital yang ditawarkan kepada publik. Budaya organisasi baru yang berbasis online mampu menyatukan dan memperbaiki silaturahmi antarkaryawan. Ketiga, sejumlah hambatan muncul dalam penerapan iklim dan budaya organisasi. Hambatan berupa disrupsi media dan pengaruh budaya kerja lama karyawan dapat disesuaikan seiring berjalannya waktu.

Keywords : Komunikasi, Budaya Organisasi, Iklim Organisasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Communication, Organizational Culture, Organizational climate
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:07
Last Modified: 19 Sep 2023 01:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27681

Actions (login required)

View Item
View Item