KOMUNIKASI INTERPERSONAL HAKIM DALAM PERKARA CERAI GUGAT DI PENGADILAN AGAMA PALU = Interpersonal Communication of Judges in Divorce Lawsuit Cases at the Religious Court of Palu


Amin, Latifahtul Khaerani (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL HAKIM DALAM PERKARA CERAI GUGAT DI PENGADILAN AGAMA PALU = Interpersonal Communication of Judges in Divorce Lawsuit Cases at the Religious Court of Palu. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191086_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191086_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191086_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191086_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2025.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

LATIFAHTUL KHAERANI AMIN. Komunikasi Interpersonal Hakim dalam Perkara Cerai Gugat di Pengadilan Agama Palu (Dibimbing oleh Sudirman Karnay dan Indrayanti).
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui komunikasi interpersonal hakim dalam perkara cerai gugat di Pengadilan Agama Palu , (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal hakim dalam perkara cerai gugat di Pengadilan Agama Palu. Penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Agama Palu. Adapun informan penelitian ini adalah hakim dan para pihak yang berperkara. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data sekunder dilakukan dengan melakukan kajian literatur.
Hasil penelitian ini menunjukkan keterbukaan yaitu hakim secara terbuka mendengarkan informasi dari para pihak berperkara, empati yaitu hakim melakukan beragam upaya untuk dapat memahami para pihak, perilaku positif yaitu menunjukkan sikap ramah seperti menyapa dan tersenyum, sikap mendukung yaitu mengunggulkan kedua belah pihak agar kembali rukun dalam rumah tangga, kesamaan yaitu hakim menyamakan diri dengan para pihak dalam berkomunikasi serta memberi perlakuan yang sama kepada kedua belah pihak. Adapun faktor pendukung yaitu kesiapan hakim, kemampuan memahami orang yang disidang, pendekatan budaya, etika para pihak yang berperkara, pengendalian diri, kenetralan hakim dan Peraturan Perundang-Undangan dan Kode Etik Hakim. Faktor penghambat yaitu emosional para pihak, ketidakmampuan menggunakan bahasa indonesia, kesehatan orang yang disidang.

Keywords : Komunikasi Interpersonal, Hakim, Cerai Gugat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Hakim, Cerai Gugat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:16
Last Modified: 18 Sep 2023 07:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item
View Item