Analisis Pola Self Disclosure antara Pengguna Akun Pseudonym Twitter dengan Followers = Analysis of Self Disclosure Patterns between Pseudonym Twitter Account Users and Followers.


Firdhanisa, Viranti (2023) Analisis Pola Self Disclosure antara Pengguna Akun Pseudonym Twitter dengan Followers = Analysis of Self Disclosure Patterns between Pseudonym Twitter Account Users and Followers. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191078_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191078_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191078_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191078_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2025.

Download (12MB)

Abstract (Abstrak)

VIRANTI FIRDHANISA. Analisis Pola Self Disclosure Antara Pengguna Akun Pseudonym Twitter dengan Followers. (Dibimbing oleh Sudirman Karnay dan Tuti Bahfiarti)
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengategorikan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi pengguna akun pseudonym Twitter melakukan self disclosure. (2) Untuk menganalisis pola self disclosure antara pengguna akun pseudonym Twitter dengan followers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self disclosure pengguna akun pseudonym Twitter dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal yang berasal dari diri sendiri dan faktor eksternal yang berasal lingkungan. Faktor internal meliputi kenyamanan, perasaan aman saat identitasnya tidak diketahui dan kebebasan mengekspresikan diri. Sedangkan faktor eksternal meliputi keinginan untuk menghindari lingkungan tertentu, dorongan untuk mengikuti kelompok tertentu dan adanya positif feedback yang didapatkan dari pengikut. Pengungkapan diri yang dilakukan pada akun pseudonym cenderung netral antara positif dan negatif dan dilakukan dengan sangat terbuka. Informasi pengungkapan diri yang dibagikan terkait keseharian, percintaan, keluarga, hubungan sosial hingga pendapat politik. Pengungkapan diri yang dilakukan oleh pengguna akun pseudonym tersebut membentuk pola self disclosure yaitu adanya pergeseran jendela Johari yakni informasi umum pada jendela terbuka kini bergeser ke jendela tersembunyi. Sedangkan informasi rahasia yang berada pada jendela tersembunyi dan hanya diketahui oleh diri sendiri kini bergeser ke jendela terbuka. Sehingga jendela terbuka akan terus meluas dan jendela tersembunyi akan menyempit. Hal ini terjadi dikarenakan pengguna akun pseudonym akan terus mengungkapkan diri sehingga informasi pada jendela terbuka akan terus bertambah dan jendela tertutup akan mengecil karena informasi pada jendela ini berisikan identitas asli diri yang disembunyikan oleh pengguna.

Kata kunci: Self Disclosure, Pengungkapan Diri, Pseudonym, Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Pseudonym, Twitter
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:16
Last Modified: 18 Sep 2023 07:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item
View Item