KAPASITAS APARATUR PEMERINTAH LEMBANG TO’YASA AKUNG KECAMATAN BANGKELEKILA KABUPATEN TORAJA UTARA = Capacity of Government Apparatus in To'yasa Akung Village, Bangkelekila sub-district, North Toraja district.


Raimon, Jane Vilian (2023) KAPASITAS APARATUR PEMERINTAH LEMBANG TO’YASA AKUNG KECAMATAN BANGKELEKILA KABUPATEN TORAJA UTARA = Capacity of Government Apparatus in To'yasa Akung Village, Bangkelekila sub-district, North Toraja district. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21116301_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E21116301_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E21116301_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21116301_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas aparatur Lembang To''yasa Akung berdasarkan kemapuan dasar, kemampuan manajemen, dan kemampuan teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.

Kapasitas aparatur Lembang To’yasa Akung berdasarkan kemampuan dasar menunjukkan bahwa pengetahuan aparatur lembang tentang peraturan desa masih kurang, pengetahuan aparatur lembang tentang dasar-dasar pemerintahan desa sudah cukup baik, dan pengetahuan aparatur lembang tentang tupoksi jabatannya sudah cukup memahami secara umum. Kapasitas sumber daya aparatur Lembang To’yasa Akung dalam penyelenggaraan pemerintahan lembang tentang kemampuan manajemen menunjukkan bahwa kemampuan manajemen aparatur lembang To’yasa Akung masih kurang, kepala lembang masih kurang mampu bersikap tegas untuk disiplinkan bawahan, dan masih kurangnya pengembangan kapasitas bagi perangkat lembang, perlu ditingkatkan lagi dalam hal strategi untuk meningkatkan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi komputer, manajemen keuangan aparatur perlu ditingkatkan khususnya dalam hal strategi peningkatan keterampilan menyusun APBLem dan pencatatan yang transparansi.Kapasitas aparatur Lembang To’yasa Akung dalam penyelenggaraan pemerintahan lembang berdasarkan kemampuan teknis menunjukkan masih kurang, namun dalam bidang pelayanan aparatur lembang berusaha memberikan pelayanan walaupun diluar jam kerja.

Keywords : KAPASITAS, APARATUR LEMBANG

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Capacity, Village Apparatus
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:39
Last Modified: 18 Sep 2023 06:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27646

Actions (login required)

View Item
View Item