PENGEMBANGAN PARIWISATA DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = TOURISM DEVELOPMENT SERVICE OF SPORTS AND TOURISM IN SIDERENG RAPPANG DISTRICT


Sofyan B., Sofyan B. (2023) PENGEMBANGAN PARIWISATA DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = TOURISM DEVELOPMENT SERVICE OF SPORTS AND TOURISM IN SIDERENG RAPPANG DISTRICT. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013191006_disertasi cover1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E013191006_disertasi bab 1-3.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013191006_disertasi dp.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013191006_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sofyan B. (E013191006). PENGEMBANGAN PARIWISATA DINAS KEPEMUDAAN, OLAHRAGA, DAN PARIWISATA DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG (Disupervisi oleh Juanda Nawawi, Muhammad Rusdi, dan Hasniati)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan pariwisata di Kabupaten Sidenreng Rappang. (2) menjelaskan faktor pendukung dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Sidenreng Rappang. (3) menjelaskan faktor penghambat dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis Penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan teori yaitu pengembangan pariwisata oleh Sastrayuda. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2022.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata di Kabupaten Sidenreng Rappang dengan Pendekatan Participatory Planning dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Sidenreng Rappang menunjukkan keberhasilan dengan banyaknya unsur-unsur atau pihak-pihak yang ikut berperan penting dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Sidenreng Rappang. Faktor pendukung yaitu pendekatan potensi dan karakteristik dalam pengembangan pariwisata merupakan point utama dalam pengembangan pariwisata tersebut. Pendekatan pemberdayaan masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat yang berada di wilayah destinasi wisata turut menunjukkan partisipasi atau keikutsertaan mereka dalam mengembangkan pariwisata. Faktor penghambat dalam pengembangan pariwisata yaitu peraturan yang tumpang tindih, kurangnya kualitas SDM, kurangnya publikasi, belum baiknya infrastruktur, masih kurangnya investasi, kurang diperhatikannya aspek lingkungan hidup, dan kurangnya perhatian pada objek wisata religi.

Keywords : Pengembangan, Pariwisata, Sidenreng Rappang

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Development, Planning, Tourism, Sidenreng Rappang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:41
Last Modified: 18 Sep 2023 06:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27640

Actions (login required)

View Item
View Item