Deiksis Persona dan Waktu dalam Bahasa Bugis Bulukumba: Kajian Pragmatik


Ania, Adelia Kur (2023) Deiksis Persona dan Waktu dalam Bahasa Bugis Bulukumba: Kajian Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
F021181006_skripsi_28-04-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021181006_skripsi_28-04-2023 cover1.jpg

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F021181006_skripsi_28-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F021181006_skripsi_28-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk deiksis persona dan waktu dalam bahasa Bugis dialek Bulukumba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung deiksis persona, dan waktu. Sumber data dalam penelitian ini yakni percakapan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari di Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat atau tulis.
Hasil penelitian yang ditemukan meliputi 6 bentuk deiksis persona yaitu persona pertama tunggal, persona pertama jamak, persona kedua tunggal, persona kedua jamak, persona ketiga tunggal dan persona ketiga jamak. Persona pertama tunggal ada 6 yaitu iyya’ (saya), -ka’ (saya), -a’ (saya) -ku’ (saya), -u’ (saya), dan ku- (saya). Persona pertama jamak ada 6 yaitu idi’ (kami), -ngi/-i (kita), di- (kita), - ta’ (kita), dan -ki (kita). Persona kedua tunggal ada 7 yaitu -ko (kamu), -ta’ (-mu) -ngi’ (kamu), idi’ (kamu), -nu (-mu), -no (kamu), dan ki- (kamu). Persona kedua jamak ada 1 yaitu -ta’ (kalian). Persona ketiga tunggal ada 3 yaitu -na (-nya), -ngi/-i (dia), dan na- (dia). Persona ketiga jamak ada 3 -ni (mereka), -na (mereka), dan -ngi (mereka). Semua penggunaan deiksis persona merupakan pemberian peran peserta dalam kegiatan berbahasa sesuai dengan konteksnya. Beberapa bentuk dalam deiksis persona yang digunakan dalam bahasa Bugis berbeda dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang bersifat relatif yakni memiliki makna maupun konteks sesuai dengan apa yang dibicarakan oleh penutur maupun mitra tutur. Selanjutnya, deiksis waktu proksimal terdapat 25 data dengan 6 variasi bentuk yaitu dolo’ (dulu), dénro’ (tadi), dinria (dulu), kokkoro (sekarang), baja (besok) dan esso diolo (kemarin dulu). Sedangkan, deiksis waktu distal terdapat 1 variasi bentuk yaitu matu’ (nanti). Bentuk deiksis waktu proksimal dan deiksis waktu distal juga bersifat relatif atau tidak tentu, hal ini karena tergantung dengan pemahaman dan kebiasaan penuturnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Bugis; Bulukumba; Pragmatik; Deiksis
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:08
Last Modified: 18 Sep 2023 04:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27617

Actions (login required)

View Item
View Item