PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM MELAYANI KELUHAN MASYARAKAT DI KANTOR PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA MAKASSSAR = APPLICATION OF E-GOVERNMENT IN SERVING COMMUNITY COMPLAINTS AT THE MAKASSAR CITY REGIONAL DRINKING WATER COMPANY (PDAM) OFFICE


Ansyhariputra, Muhammad Syaifullah (2023) PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM MELAYANI KELUHAN MASYARAKAT DI KANTOR PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA MAKASSSAR = APPLICATION OF E-GOVERNMENT IN SERVING COMMUNITY COMPLAINTS AT THE MAKASSAR CITY REGIONAL DRINKING WATER COMPANY (PDAM) OFFICE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181010_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E011181010_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181010_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181010_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Muhammad Syaifullah Ansyhariputra (E011181010), Penerapan E- Government Dalam Melayani Keluhan Masyarakat Di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar. xv + 101 Halaman + 11 Gambar + 3 Tabel + 34 Pustaka + Lampiran, dibawah bimbingan Dr. Suryadi Lambali,
M.A. dan Rizal Pauzi, S.Sos., M.Si.
E-Government merupakan suatu proses sistem pemerintahan dengan memanfaatkan ICT (Information, Communication and Technology) sebagai alat untuk memberikan kemudahan proses komunikasi dan transaksi kepada warga masyarakat, organisasi bisnis dan lembaga pemerintah serta stafnya. Sehingga dapat dicapai efisiensi, efektivitas, transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah kepada warganya.
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait bagaimana Level Penerapan E-Government di Kantor PDAM kota Makassar Dalam Melayani Keluhan Masyarakt. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dimana jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data yang diperoleh dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar dengan menggunakan lima indikator dalam mengetahui penerapan E-Government menurut Fietkiewicz, Mainka, dan Stock (2017) yaitu, Penyebaran Informasi, Komunikasi, Transaksi, Interoperabilitas, dan Partisipasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan E-Government Dalam Melayani Keluhan Masyarakat di Kantor PDAM sudah cukup memenuhi standar, dilihat dari aksesibilitas kanal-kanal yang telah dibuat oleh PDAM untuk pelanggan mudah dipahami, Respon dari PDAM terhadap keluhan Pelanggan yang cepat, Adanya transaksi pembayaran secara online yang membuat pelanggan lebih fleksibel dalam melakukan aktivitas sehari-hari, perangkat-perangkat yang memadahi, dan keikutsertaan pelanggan dalam pelayanan berbasis elektronik di Kantor PDAM kota Makassar, akan tetapi masih ada beberapa pelanggan yang sering tidak mendapatkan informasi mengenai adanya gangguan terhadap air mereka dan tidak adanya fitur untuk memberikan saran dan masukan terhadap PDAM dalam menjalankan pelayanan berbasis elektronik

Keywords : E-Government, Keluhan, Aplikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Government, Complaint, Aplication
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:51
Last Modified: 18 Sep 2023 05:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27606

Actions (login required)

View Item
View Item