Makna Tipe Makam Pada Kompleks Makam Tandi Jalling Kabupaten Enrekang = The Meaning of the Types of Ancient Graves at the Tandi Jalling Tomb Complex, Enrekang Regency


Suharni, Suharni (2023) Makna Tipe Makam Pada Kompleks Makam Tandi Jalling Kabupaten Enrekang = The Meaning of the Types of Ancient Graves at the Tandi Jalling Tomb Complex, Enrekang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F071191008_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
F071191008_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F071191008_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F071191008_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Makam merupakan peninggalan sejarah dan arkeologi yang dapat mencerminkan aspek sosial baik berupa ritual keagamaan maupun dalam bentuk kehidupan bermasyarakat. Tinggalan budaya masa lampau sangat penting untuk diteliti agar dapat memberi gambaran mengenai kehidupan dan kebudayaan manusia pada masa lampau. Salah satunya adalah Kompleks Makam Tandi Jalling yang terdapat di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan yang memiliki tipe makam dengan bentuk menyerupai perahu, cungkup rumah tradisional, atap pelana, dan atap tumpang, serta tipe teras berundak, tipe gundukan batu dan makam kuno tanpa jirat. Sebaran makam-makam lama tersebut belum terlalu banyak dikaji secara ilmiah, sehingga pemahaman tentang bentuk dan kandungan makna budaya yang terdapat pada tipe makam-makam tersebut masih sangat kurang. Berdasarkan keselurahan aspek tersebut, maka penulis tertarik untuk mengkaji dan menjadikaanya sebagai topik penelitian. Adapun tahap pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data pustaka, survei lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari keempat metode pegumpulan data yang dilakukan kemudian diolah dan diinterpretasi untuk mendapatkan satu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleks Makam Tandi Jalling terdiri dari beberapa tipe makam dengan makna yang berbeda-beda. Cungkup Rumah Tradisonal, gundukan batu, teras berundak-undak dan makam tipe kuno tanpa jirat memiliki makna bahwa masyarakat pendukung situs Tandi Jalling menganut kehidupan berstrata yang dapat dilihat dari bentuk tipe makam yang digunakan yang mengandung unsur-unsur kearifan lokal (local wisdom) dan cerminan kebudayaan setempat, serta konteksnya sebagai perangkap ritual berupa tipe-tipe makam yang mengandung makna filosofis religius nenek moyang masa lalu (masa pra-Islam sampai masuknya Islam).

Keywords : Makam, Situs, Kompleks Makam Tandi Jalling, Makna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tomb, Site, Tandi Jalling Tomb Complex, Meaning
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:28
Last Modified: 16 Aug 2023 03:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27560

Actions (login required)

View Item
View Item