Inovasi Neni Si Linca (New Normal Innovation Sistem Informasi Penelitian Online Campus) Studi Kasus Pelayanan Izin Penelitian Online di Dinas Penananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan


Wulandari, Ayu Safitri (2023) Inovasi Neni Si Linca (New Normal Innovation Sistem Informasi Penelitian Online Campus) Studi Kasus Pelayanan Izin Penelitian Online di Dinas Penananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E011181512_skripsi_03-01-2023 cover1.png]
Preview
Image
E011181512_skripsi_03-01-2023 cover1.png

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of E011181512_skripsi_03-01-2023 1-2.pdf] Text
E011181512_skripsi_03-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E011181512_skripsi_03-01-2023 dp.pdf] Text
E011181512_skripsi_03-01-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of E011181512_skripsi_03-01-2023.pdf] Text
E011181512_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Ayu Safitri Wulandari (E011181512). Inovasi NENI SI LINCA (New Normal Innovation Sistem Informasi Penelitian Online Campus) Studi Kasus Pelayanan Izin Penelitian Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan. XV + 132 Halaman + 6 Gambar + 6 Tabel + 28 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing Oleh Dr. Muhammad Yunus, MA dan Adnan Nasution, S.Sos., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan inovasi NENI SI LINCA (New Normal Innovation Sistem Informasi Penelitian Online Campus) dalam pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari wawancara kepada informan dan observasi di lapangan. Sedangkan data sekunder bersumber dari data NENI SI LINCA di DPMPTSP Prov. Sul-Sel, yang dimana fokus penelitiannya menggunakan enam indikator tipologi inovasi menurut Halvorsen yang terdiri dari A New or Improved Service (Pelayanan Baru atau Pelayanan yang diperbaiki), Process Innovation (Inovasi Proses), Administrative Innovation (Inovasi Administrasi), System Innovation (Inovasi Sistem), Conceptual Innovation (Inovasi Konseptual), dan Radical Change of Rational (Perubahan Radikal).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi NENI SI LINCA di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan sudah berjalan dengan baik karena perubahan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya dan juga kemudahan-kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat serta pelayan publik, dan dapat dikatakan sebagai inovasi pelayanan publik berdasarkan enam indikator tipologi inovasi Halvorsen. Adapun kekurangan dari NENI SI LINCA yaitu permasalahan maintenance yang kadang terjadi pada sistem/server dan juga masih kurangnya sosialisasi yang sampai pada mahasiswa sebagai masyarakat pengguna layanan.
Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, NENI SI LINCA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:40
Last Modified: 16 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item
View Item