EFEKTIFITAS TERIPANG DALAM MENGHAMBAT KANKER RONGGA MULUT: LITERATURE REVIEW = THE EFFECTIVENESS OF SEA CUCUMBER IN INHIBITING CANCER OF THE MOUTH: LITERATURE REVIEW


Wibisono, M Gibraltar Wansha (2023) EFEKTIFITAS TERIPANG DALAM MENGHAMBAT KANKER RONGGA MULUT: LITERATURE REVIEW = THE EFFECTIVENESS OF SEA CUCUMBER IN INHIBITING CANCER OF THE MOUTH: LITERATURE REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011191111_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
J011191111_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011191111_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011191111_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2025.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kanker adalah suatu kelainan yang ditandai dengan pertumbuhan cepat, menyerbu ke dalam jaringan yang berada di sekitarnya dan dapat menuju ke daerah organ lain yang lebih jauh atau dengan kata lain metastasis. Kanker di rongga mulut merupakan salah satu dari enam jenis tumor yang paling sering ditemukan di dunia. Di Indonesia berdasarkan sumber Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2018 jumlah kasus penderita kanker bibir, rongga mulut, dan tenggorokan sebesar 4,5%, sedangkan jaringan lunak 11,4%. Faktor penyebab kanker rongga mulut sangat kompleks antara lain bahan karsinogenik, seperti tembakau, sigaret termasuk asap rokok, selain itu virus EBV, HPV, pola makan dan minum serta gaya hidup yang tidak sehat. Banyak penelitian yang sedang mengembangkan obat-obat herbal dengan efektivitas tinggi dan toksisitas rendah juga penelitian yang mendalam terhadap supresor onkogen dan gen resistensi obat. Dalam penulisan ini akan dipaparkan obat alami berbahan teripang sebagai salah satu penanganan dalam kanker. salah satu senyawa yang dimanfaatkan dari teripang adalah Holothurin A. Bahan aktif tersebut diketahui memiliki fungsi mencegah metastasis kanker hingga membunuh sel kanker payudara dan kanker ovarium. Tujuan: Mengetahui keunggulan dan efektivitas teripang yang mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai penghambat kanker di rongga mulut. Metode: Jenis penulisan adalah literature review, yang berasal dari jurnal penelitian online, seperti PubMed, Researchgate, Google Scholar, Science Direct, MedScape, dan sumber relevan lainnya. Hasil: Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh percobaan terhadap efektifitas senyawa antikanker atau pada sel kanker dengan menggunakan sampel dari beberapa jenis teripang (Holothuria), sehingga menjanjikan sebagai kandidat antikanker. Kesimpulan: teripang memiliki komponen bioaktif yang dapat menghambat kanker di rongga mulut MPS, Lectin, Omega-3, triterpenoid, dan saponin yang memiliki penggunaan efektif dalam mengurangi gejala efek samping serta meningkatkan kualitas hidup manusia.

Keywords : Kanker, Teripang, rongga mulut, anti-kanker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cancer, Sea Cucumber
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:22
Last Modified: 16 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27519

Actions (login required)

View Item
View Item