Penentuan Lokasi dan Daya Layan Fasilitas Sosial yang Mendasari Efisiensi Mobilitas Penduduk di Kawasan Sub Urban Kota Makassar Kecamatan Biringkanaya = Determination of The Location and Service of Social Facilities Based on Population Mobility Efficiency in Sub Urban Area of Makassar City


Fitri, Andi Starina (2023) Penentuan Lokasi dan Daya Layan Fasilitas Sosial yang Mendasari Efisiensi Mobilitas Penduduk di Kawasan Sub Urban Kota Makassar Kecamatan Biringkanaya = Determination of The Location and Service of Social Facilities Based on Population Mobility Efficiency in Sub Urban Area of Makassar City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P052182001_tesis_20-03-2023 cover1.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P052182001_tesis_20-03-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P052182001_tesis_20-03-2023 dp.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P052182001_tesis_20-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI STARINA FITRI. Penentuan Lokasi dan Daya Layan Fasilitas Sosial yang Mendasari Efisiensi Mobilitas Penduduk di Kawasan Sub Urban Kota Makassar Kecamatan Biringkanaya (dibimbing oleh Ananto Yudono dan Arifuddin Akil.)

Kecamatan Biringkanaya sebagai sub-urban Kota Makassar mengalami kecenderungan pesatnya pembangunan kawasan perkotaaan khususnya sub urban Kecamatan Biringkanaya yang meliputi Kawasan perumahan dan permukiman serta berbagai fasilitas sosial. Untuk memperkecil kecenderungan penumpukan pergerakan masyarakat maka harus dilakukan upaya penguraian pergerakan berdasarkan tujuan dan aktivitas penduduk, sehingga diperlukan fasilitas sosial guna menurunkan beban kota yang semakin berat. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana karakteristik fasilitas sosial, efisiensi pelayanan berdasarkan tingkat aksesibilitas, serta menentukan lokasi fasilitas sosial di Kecamatan Biringkanaya sesuai dengan daya layan yang diharapkan penduduk. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis spasial dengan menghitung radius pelayanan dikaitkan dengan masing-masing fasilitas sosial. Hasil dari penelitian ini: (1) kondisi fasilitas sosial secara umum sudah tersedia dengan waktu tempuh sekitar 6-10 menit baik berjalan kaki maupun dengan kendaraan (2) efisiensi mobilitas penduduk ke fasilitas sosial tergolong kurang optimal, karena belum efektifnya pemanfaatan fasilitas sosial oleh penduduk di lingkungannya. (3) dari hasil analisis penentuan lokasi fasilitas sosial di Kecamatan Biringkanaya ditemukan bahwa masih dibutuhkan pengadaan beberapa fasilitas sosial berupa fasilitas Pendidikan TK, SD, SMP, SMA, apotek, klinik, praktik mandiri, posyandu, warung, pasar tradisional, balai pertemuan, balai warga dan gedung serbaguna. Pemenuhan fasilitas tersebut akan memberikan efektifitas pelayanan secara optimal untuk meningkatkan kualitas penduduk Kota Makassar.

Kata kunci: sub urban, fasilitas sosial, efektifitas, dan aksesibilitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: sub urban, social facilities, effectiveness, and accessibility
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Manajemen Perkotaan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:02
Last Modified: 09 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27434

Actions (login required)

View Item
View Item