Strategi Pengembangan Produk Olahan Kopi di Desa Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng; Studi Kasus BUMDes Pada Ati = Strategy for Processed Cofee Product Development in Mattabulu Villae, Lalabata District, Soppeng Regency Case Study of BUMDes Pada Ati


Mappaware, Muh. Taufik (2023) Strategi Pengembangan Produk Olahan Kopi di Desa Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng; Studi Kasus BUMDes Pada Ati = Strategy for Processed Cofee Product Development in Mattabulu Villae, Lalabata District, Soppeng Regency Case Study of BUMDes Pada Ati. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042202013_tesis_15-05-2023 cover1.png

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042202013_tesis_15-05-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042202013_tesis_15-05-2023 dp.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P042202013_tesis_15-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUH. TAUFIK MAPPAWARE. Strategi Pengembangan Produk Olahan Kopi di Desa Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng; Studi Kasus BUMDes Pada Ati (dibimbing oleh Rahim Darma dan Salengke)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan usaha produk olahan kopi di BUMDes Pada Ati Desa Mattabulu; mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan strategi produk olahan; serta menyusun dan merekomendasikan alternatif strategi pengembahan produk olahan kopi. Metode penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, dan interview dan data yang dianalisis menggunakan analisis Matriks EFE, IFE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk olahan kopi masih menggunakan peralatan sangrai yang masih konvensional sehingga citarasa, aroma, dan warna belum maksimal. Usaha tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Alternatif strategi untuk peningkatan kualitas produksi yaitu melakukan pengadaan peralatan yang sesuai standar untuk menghasilkan citarasa kopi yang terbaik; melakukan pelatihan mengenai perawatan kopi dari hulu hingga hilir sehingga sumber daya manusia dapat meningkatkan kulitas produksi; menjaga kulitas kopi sehingga tetap dapat bersaing dengan produk kopi lainnya; melakukan perawatan yang baik pada biji kopi; serta melakukan pengolahan pasca panen yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan adanya pembinaan serta pengembangan dari pihak terkait, agar produk olahan Kopi Mattabulu dapat lebih berkembang.

Kata kunci: BUMDes, produksi, usahatani, kopi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, produksi, usahatani, kopi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:02
Last Modified: 09 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27429

Actions (login required)

View Item
View Item