PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM AKTIFITAS MATA PENCAHARIAN NELAYAN DI DESA UJUNG LERO, KEC.SUPPA, KAB.PINRANG = Use of Information Technology in Fishermen's Livelihood Activities in Ujung Lero Village, Kec. Suppa, Kab. Pinrang


Arif, Sri Novianti (2023) PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM AKTIFITAS MATA PENCAHARIAN NELAYAN DI DESA UJUNG LERO, KEC.SUPPA, KAB.PINRANG = Use of Information Technology in Fishermen's Livelihood Activities in Ujung Lero Village, Kec. Suppa, Kab. Pinrang. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041191062_skripsi_06-06-2023 cover1.jpg

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
L041191062_skripsi_06-06-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041191062_skripsi_06-06-2023 dp.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041191062_skripsi_06-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 August 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Sri Novianti Arif L041 19 1062. “ Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Aktfitas Mata Pencaharian Nelayan Di Desa Ujung Lero Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang” dibimbing oleh Andi Adri Arief sebagai Pembibing Utama dan Andi Amri sebagai Pembimbing Anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Teknologi informasi apa saja yang digunakan masyarakat Desa Ujung Lero dalam aktivitas mata pencaharian sebagai nelayan dan Bagaimana manfaat penggunaan teknologi informasi yang digunakan masyarakat di Desa Ujung Lero. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2022 – Januari 2023 Pada masyarakat di Desa Ujung Lero Kec. Suppa, Kab. Pinrang. Metode penentuan lokasi yaitu secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan yaitu wilayah tersebut mayoritas penduduknya menggantungkan hidupnya dalam bidang perikanan yaitu Nelayan tangkap sehingga keberadaan teknologi informasi sangat dibutuhkan nelayan dalam menunjang aktifitasnya sebagai nelayan tangkap. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penentuan sampel Cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Teknik analisis data yaitu mengumpulkan, menyusun (mengatur), menganalisis dan memberikan penafsiran terhadap sekumpulan bahan yang ada tersebut yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi dalam aktivitas mata pencaharian nelayan. Adapun Hasil Dari Penelitian ini Penggunaan teknologi informasi yang paling banyak digunakan nelayan desa ujung lero adalah HP dan televisi sedangkan teknologi yang paling sedikit digunakan oleh nelayan desa ujung lero adalah aplikasi windy dan fish finder dan Manfaat penggunaan teknologi dalam aktifitas mata pencaharian nelayan sangat dirasakan manfaatnya bagi nelayan selain bisa membantu dalam proses pengoperasian penangkapan ikan juga bermanfaat dalam hal mencari informasi- informasi seputar kenelayanan dan juga membantu meningkatkan pendapatan dari nelayan.

Kata Kunci : Nelayan, Teknologi Informasi, aktifitas mata pencaharian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fishermen, Information Technology, livelihood activities
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:04
Last Modified: 04 Aug 2023 08:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27396

Actions (login required)

View Item
View Item