Octaviana, Firsty (2023) ANALISIS PENGARUH CUSTOMER PERCEIVED VALUE DAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PASIEN UMUM PADA INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT GRESTELINA MAKASSAR = Analysis of Customer Perceived Value and Marketing Mix on General Patient Satisfaction at the Inpatient Installation of Grestelina Hospital, Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K022201016_tesis_24-05-2023 cover1.jpg
Download (229kB) | Preview
K022201016_tesis_24-05-2023 bab 1-3.pdf
Download (742kB)
K022201016_tesis_24-05-2023 dp.pdf
Download (513kB)
K022201016_tesis_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Firsty Octaviana. “Analisis Pengaruh Customer Perceived Value dan Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pasien Umum Pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Grestelina Makassar. (Dibimbing oleh Fridawaty Rivai dan Syahrir A. Pasinringi
Kepuasan pelanggan sebagai penentu kesuksesan dan kelangsungan hidup jangka panjang di industri pelayanan kesehatan dan telah menarik perhatian penyedia layanan dalam kondisi persaingan saat ini. Kepuasan pasien mengacu pada sejauh mana harapan, sasaran, dan preferensi yang diinginkan oleh pasien dipenuhi oleh
penyedia layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis customer perceived value dan marketing mix terhadap kepuasan pasien umum pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Grestelina Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study. Sampel sebesar 400 pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Grestelina Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien di RS Grestelina adalah 47,5% dengan variabel yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien yaitu customer perceived value dengan nilai sig 0.001<0,05 serta dimensi dari customer perceived value yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien yaitu dimensi Installation dan social value dengan nilai sig 0.001. Disarankan kepada pihak manajemen Rumah sakit untuk melakukan monitoring evalusi kualitas layanan,serta melakukan strategi dan metode pemasaran yang
sesuai danmemberikan informasi layanan dan fasilitas yang lengkap tentang Rumah Sakit sehingga dapat memberikan pelayanan sesuai keinginan pasien.
Kata Kunci: customer perceived value, marketing mix dan kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | customer perceived value, marketing mix and patient satisfaction. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:06 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27343 |