Ridha, Andi Ahmad (2023) ANALISIS PEMBEBANAN PERGERAKAN KENDARAAN BERMOTOR PADA KAMPUS UNHAS MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK VISUM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D011181324_skripsi_07-11-2022 cover1.png
Download (67kB) | Preview
D011181324_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
D011181324_skripsi_07-11-2022 dp.pdf
Download (4MB)
D011181324_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (8MB)
Abstract (Abstrak)
Pada suatu wilayah perkotaan atau regional dengan jumlah penduduk yang besar, sistem transportasi yang tidak efektif akan menimbulkan banyak permasalahan transportasi dimana penyebab terjadinya masalah-masalah ini karena terjadi ketidakseimbangan antara demand dan supply. Ketidakseimbangan antara kedua elemen ini bisa berupa jumlah pertumbuhan demand lebih besar dari pada supply.
Menurut Direktorat Jenderal Bina Marga, segmen jalan perkotaan mempunyai perkembangan secara permanen dan menerus sepanjang seluruh atau hampir seluruh jalan, minimum pada satu sisi jalan, apakah berupa perkembangan lahan atau bukan. Jalan di atau dekat pusat perkotaan dengan penduduk lebih dari 100.000 selalu digolongkan dalam kelompok ini. Jalan di daerah perkotaan dengan penduduk kurang dari 100.000 juga digolongkan dalam kelompok ini jika mempunyai perkembangan samping jalan yang permanen dan menerus.
Volume lalulintas adalah jumlah kendaraan yang melewati suatu titik per satuan waktu pada lokasi tertentu. Dalam mengukur jumlah arus lalu lintas, biasanya dinyatakan dalam kendaraan per hari, smp per jam, dan kendaraan per menit (MKJI 1997). Kinerja ruas jalan dapat didefinisikan, sejauh mana kemampuan jalan menjalankan fungsinya, (Morlok,1978)
Kapasitas didefinisikan sebagai arus maksimum melalui suatu titik dijalan yang dapat dipertahankan per satuan jam pada kondisi tertentu.
Matriks asal tujuan merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses trip assignment di PTV Visum. Matriks asal tujuan berasal dari hasil perhitungan trip generation dan trip distribution. Equilibrium assignment merupakan metode pemilihan rute perjalanan dimana pengguna kendaraan akan lebih cenderung memilih rute perjalanan yang terpendek.
Model ini merupakan model pemilihan rute yang paling sering digunakan oleh pengendara yang mengasumsikan bahwa semua pengendara berusaha meminimumkan jarak perjalanan yang lebih pendek.
Setelah memodelkan area zona dan jaringan jalan, maka dapat dilanjutkan dengan menghitung trip assignment zona internal eksternal kampus Universitas Hasanuddin menggunakan aplikasi PTV Visum. Metode yang digunakan dalam perhitungan trip assignment adalah metode equilibrium assignment.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27308 |