GAMBARAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR TAHUN 2022 = Overview of Patient Safety Culture at Stella Maris Hospital Makassar in 2022


Rusdy, Feby Wardani (2023) GAMBARAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR TAHUN 2022 = Overview of Patient Safety Culture at Stella Maris Hospital Makassar in 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116540_skripsi_26-05-2023 cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
K11116540_skripsi_26-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116540_skripsi_26-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K11116540_skripsi_26-05-2023.pdf] Text
K11116540_skripsi_26-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Keselamatan pasien adalah pengurangan risiko bahaya yang tidak semestinya terkait dengan pelayanan kesehatan minimum yang dapat diterima. Data dari Rumah Sakit Stella Maris Makassar Tahun 2019-2021 menunjukkan insiden KTD (Kejadian Tidak Diinginkan), KNC (Kejadian Nyaris Cedera) dan KTC ( Kejadian Tidak Cedera) berupa salah pemberian obat, jatuh dalam kamar mandi, salah antar pasien dan salah telepon dokter, sehingga sehingga melebihi standar yang telah ditetapkan yaitu sebesar nol kejadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran budaya keselamatan pasien di Rumah Sakit Stella Maris Makassar.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitafi dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022. Metode pengambilan sampel adalah total sampling dengan besar sampel seluruh pegawai rumah sakit sebanyak 217 orang. Alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner baku budaya keselamatan pasien yaitu Agency Healthcare Research and Quality (AHRQ). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan penyajian data berupa table disertai dengan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya keselamatan pasien di RSSM dengan respon positif budaya kuat tertinggi diantaranya dukungan manajemen terhadap keselamatan pasien (99,1%), umpan balik dan komunikasi tentang kesalahan (97,2) dan kerjasama dalam unit (95,4%), sedangkan dimensi dengan respon positif budaya sedang diantaranya keseluruhan persepsi tentang keselamatan pasien (61,7%) dan frekuensi pelaporan kejadian (51,6%). Kesimpulan penelitian ini bahwa dari dua belas dimensi diteliti terdapat dua dimensi dengan respon positif budaya sedang. Disarankan agar pihak RSSM meningkatkan budaya keselamatan pasien dan mensosialisasikan mengenai hal-hal keselamatan pasien di setiap instalasi

Kata Kunci : Budaya, Keselamatan Pasien, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Culture, Patient Safety, Hospital
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:37
Last Modified: 01 Aug 2023 07:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27300

Actions (login required)

View Item
View Item