TERAPI KOMPLEMENTER PADA PENYAKIT HIPERTENSI: A SCOPING REVIEW


Machmuddin, Husni (2023) TERAPI KOMPLEMENTER PADA PENYAKIT HIPERTENSI: A SCOPING REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012201016_tesis_16-06-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012201016_tesis_16-06-2023 cover1.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R012201016_tesis_16-06-2023 dp.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R012201016_tesis_16-06-2023.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRACT
Latar Belakang: Hipertensi merupakan tantangan kesehatan masyarakat utama di seluruh dunia yang dapat mencetuskan stroke, penyakit jantung iskemik dan penyakit pembuluh darah lainnya yang menjadi penyebab utama mortalitas. Berbagai upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi telah dilakukan. Namun Upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi dinilai belum optimal karena rendahnya kepatuhan penderita terhadap rejimen pengobatan. Penderita hipertensi seringkali mencari perawatan diluar sistem pelayanan kesehatan dan dalam hal ini Complementary Therapy (CT) merupakan pilihan menarik bagi pasien. Penelitian sebelumnya telah meneliti tentang efektivitas yoga terhadap penyakit hipertensi. Namun penelitian ini masih terbatas dan belum didapatkan penelitian yang memetakan lebih lengkap tentang CT yang dapat digunakan untuk hipertensi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terapi komplementer yang dapat digunakan dalam menurunkan terkanan darah pada penderita HT.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode sintesa pengetahuan dengan tinjauan scoping review. Artikel diperoleh dari Lima database meliputi PubMed, Science Direct, ProQuest, Portal Garuda, dan Cochrane Library. Seluruh artikel yang di inklusi memuat tentang hipertensi dan CT yang digunakan bersamaan dengan terapi farmakologis, 10 tahun terakhir, berbahasa Inggris atau Indonesia yang merupakan studi primer dan diterbitkan antara tahun 2012 – 2022. Artikel review dan terapi alternative yang digunakan tidak bersamaan dengan terapi farmakologis dikecualikan dalam penelitian ini
Hasil: Sebanyak lima belas artikel yang diperoleh dari lima database yang menghasilkan tentang jenis CT yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, waktu, durasi, lama dan frekuensi terapi komplementer yang dianjurkan pada masing-masing terapi.
Kesimpulan: CT yang meliputi Mind–Body Interventions (MBI), Biologically based therapies, dan Manipulative and body-based methods merupakan terapi pendamping yang dapat digunakan untuk membantu penderita hipertensi dalam menurunkan tekanan darah dan merupakan pilihan yang murah dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hipertensi, terapi komplementer, scooping review
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:28
Last Modified: 07 Jul 2023 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27115

Actions (login required)

View Item
View Item