Analisis Pengaruh Deformasi Ruang Muat Double-Hull Tanker Terhadap Kekuatan Kapal


Mohamad Fathurakhman, Mohamad Fathurakhman (2020) Analisis Pengaruh Deformasi Ruang Muat Double-Hull Tanker Terhadap Kekuatan Kapal. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116302_skripsi_05-10-2020 cover.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
D32116302_skripsi_05-10-2020 cover-bab2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D32116302_skripsi_05-10-2020 dapus-lampiran.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116302_skripsi_05-10-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Deformasi merupakan perubahan bentuk atau ukuran dari sebuah material karena sebuah gaya kerja yang diterapkan padanya. Dalam hal ini deformasi yang dimaksud timbul akibat adanya momen yang bekerja. Fokus utama dari penelitian ini yakni, deformasi dari ruang muat kapal double-hull tanker arah membujur, yang kemudian disimulasikan dalam dua keadaan yakni kondisi hogging, dan sagging, dan juga dalam dua tipe double-hull tanker. Analisa deformasi ini dilakukan menggunakan metode Non-Linear Finite Element Analysis (NLFEA) dengan menggunakan software ANSYS R1 2020 Academic Version. Analisis ini dilakukan dengan pemberian tumpuan atau Multi-Point Constraints (MPC pada potongan melintang, serta momen sebesar 6.2277 × 1012 N.mm untuk kondisi hogging, dan -5.8883 ×1012 N.mm, untuk kondisi sagging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Double-Hull Tanker, Ruang Muat, Deformasi, Momen, Hogging, Sagging, Non-Linear Finite Element Analysis (NLFE
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:36
Last Modified: 06 Nov 2024 04:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2710

Actions (login required)

View Item
View Item