Model Kemandirian Remaja Awal Berbasis Health Action Process Approach, Health Literacy Dan Social Support Untuk Pencegahan Seks Pranikah Di Kota Makassar


Indra Fajarwati Ibnu, - (2023) Model Kemandirian Remaja Awal Berbasis Health Action Process Approach, Health Literacy Dan Social Support Untuk Pencegahan Seks Pranikah Di Kota Makassar. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[thumbnail of Disertasi Final_Indra Fajarwati Ibnu.pdf] Text
Disertasi Final_Indra Fajarwati Ibnu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latarbelakang: Kasus seks pranikah pada remaja meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut belum cukup diikuti dengan kemampuan pencegahan oleh remaja. Diperlukan adanya model intervensi yang mampu membantu remaja melakukan pencegahan seks pranikah berdasarkan model teoritik yang benar. Tujuan Penelitian: Menyusun model kemandirian remaja awal berbasis health action process approach, health literacy dan social support untuk pencegahan seks pranikah di Kota Makassar.
Desain Penelitian: Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Penelitian tahap pertama adalah cross sectional study dengan sampel penelitian 336 siswa sekolah menengah pertama. Teknik analisis jalur dengan Partial Least Square (SEM-PLS). Penelitian tahap dua adalah quasi experimental design. Besar sampel 54 responden, dibagi dua yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Intervensi menggunakan pendidikan kesehatan dengan metode kolaboratif. Pengumpulan data dengan kuesioner pre-post test. Analisa menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil Penelitian dan Temuan Baru: Tahap 1 menghasilkan model yang fit tentang faktor yang memengaruhi kemandirian remaja awal melakukan pencegahan seks pranikah yaitu health literacy, perception to support intention, intention, social support, maintenance self efficacy,dan planning. Tahap 2 yakni intervensi pendidikan kesehatan dengan metode kolaboratif berpengaruh signifikan terhadap health literacy, perception to support intention, social support, maintenance self efficacy. Planning dan kemandirian remaja awal melakukan pencegahan seks pranikah. Temuan baru yaitu model kemandirian remaja awal dapat meningkatkan perilaku pencegahan seks pranikah oleh remaja awal dengan berfokus pada penguatan factor perception to support intention, maintenance self efficacy, planning dan social support.
Kesimpulan: Model kemandirian berbasis health action process approach, health literacy dan social support merupakan model yang baik untuk melakukan pencegahan seks pranikah oleh remaja di Kota Makassar.
Kata Kunci: Kemandirian, remaja awal, health action process approach, health literacy social support, pencegahan seks pranikah.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:43
Last Modified: 26 Jun 2023 01:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27096

Actions (login required)

View Item
View Item