ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMELIHARAAN SAPI 3ALI Di KECAMATAN ABUKl KABUPATEN KONAWE SULAWESI TENGGARA


EGl ISHAK, EGl ISHAK (2007) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMELIHARAAN SAPI 3ALI Di KECAMATAN ABUKl KABUPATEN KONAWE SULAWESI TENGGARA. Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
EGI ISHAK..pdf

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Sumbangan utama pembangunan sub sektor peternakan dapat diwujudkan dalam bentuk menghasilkan bahan pangan asal ternak, nicneiptakan lapangan kerja, dan adanya bahan baku industri. Apabila kesemuanya itu dapat dikembangkan secara maksimal, maka akan memungkinkan tcrciptanya suatu kemakmuran dan kesejahteraan bagi para peternak dan pengusaha dibidang peternakan.
Kecamatan Abuki merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe yang mempunyai populasi sapi Bali terbesar yaitu berjumlah 3.774 ekor. Salah satu faktor yang menyebabkan sehingga populasi ternak sapi Bali di Kecamatan Abuki menjadi besar, yakni adanya luas wilayah yang cukup luas dibandingkan dengan kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Konawe. «erta tingkat kepadatan penduduk yang memelihara ternak sapi Bali yang cukup besar. Dengan letak geografis yang cukup mendukung karena beradu pada wilayah pegunungan, sangat cocok untuk pengembangan pelemakan, utamanya sap; Bali.
Setiap v.saha yang dilakukan, diharapkan dapat memberikan hasil beaipa pendapatan atau keuntungan yang maksimal bagi peternak atau pemilik usaha. Hal ini pulalah yang diharapkan oleh peternak sapi Bali yang ada di Kecamatan Abuki. Walaupun masih dalam bentuk skala rumah tangga, serta sebagai usaha sampingan. namun usaha-usaha peternakan yang mereka gelut: belum sepenuhnya mereka ketahui tingkat pendapatan setiap saat dan belum sadar apa dapat memberi keuntungan atau tidak.
Dari latar belakang yang dikemukakan diatas. maka dilakukan penelitian tentang “ Analisis Pendapatan Usaha Pemeliharaan Sapi Bali di Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara"
Penelitian ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) buian yaitu dari tanggal 20 Juli sampai dengan 20 September 2007, di Kecamatan Abuki. Kabupaten^ Konawe, Propinsi Sulawesi lenggara.
Tingkat kepemilikan sapi Baii di Kecamatan Abuki Umumnya bervariatif mulai dari skala I - 5 ekor, 6-10 ekor dan kepemilikan diatas 10 ekor. Pendapatan yang uipcroich peternak juga berpengaruh terhadap tingkat kepemilikan Sapi Bali. Dari hasil analisis yang dilakukan, bahwa usaha pemeliharaan sapi Bali di Kecamatan Abuki sangat menguntungkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:50
Last Modified: 05 Jun 2023 01:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26887

Actions (login required)

View Item
View Item