PENGARUH TINGGI TEMPAT TERHADAP JUMLAH PRODUKSI SUSU SAPI FRIES HOLLAND (FH) DI KABUPATEN ENREKANG


PUTRA, CAHYAPI DWI (2007) PENGARUH TINGGI TEMPAT TERHADAP JUMLAH PRODUKSI SUSU SAPI FRIES HOLLAND (FH) DI KABUPATEN ENREKANG. Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
CAHYADI DWI PUTRA.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketinggian tempat terhadap julah produksi susu sapi Fries Holland (FH) di Kecamatan Anggeraja, Cendana dan Enrekang, Kabupaten Enrekang.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Februari 2007 di Kecamatan Cendana, Kecamatan Enrekang dan Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Menggunakan 30 ekor sapi perah Fries Holland (FH). Menggunakan metode pengukuran jumlah produksi susu, dengan cara mengunjungi peternakan rakyat di tiga Kecamatan, Kabupaten Enrekang. Sapi yang diperah dicatat berdasarkan jumlah produksi susu yang dihasilkan. Parameter yang diamati yaitu ketinggian tempat yang berbeda dari tiga Kecamatan di Kabupaten Enrekang. Data yang diperoleh dianalisa dengan sidik ragam berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tempat maka jumlah produksi susu sapi FH yang dihasilkan lebih besar. Kecamatan Anggeraja dengan jumlah produksi susu yang dihasilkan yaitu 10,23 ± 0,65 liter/ekor/hari, Kecamatan Enrekang 9,81 ± 0,65 liter/ekor/hari dan Kecamatan Cendana 8,45 ± 0,48 liter/ekor/hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 31 May 2023 02:55
Last Modified: 31 May 2023 02:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26847

Actions (login required)

View Item
View Item