Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keunggulan/ Daya Saing Perusahaan Pemasar Produk Pet


BUDI DARMAWAN, BUDI DARMAWAN (2008) Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keunggulan/ Daya Saing Perusahaan Pemasar Produk Pet. Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
BUDI DARMAWAN..pdf

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Kesadaran akan pentingnya sumber daya perusahaan dikelola secara tepat/ baik, seiring dengan semakin meningkatnya intensitas persaingan diantara para pelaku bisnis Dewasa ini dalam dunia bisnis telah terjadi perubahan pandangan mengenai sumber daya ma'na saja yang bersilat stratejik bagi perusahaan. Perubahan tersebut yaitu didominasi sumber daya yang bersifat fisik kearah dominasi pengetahuan, tingkat persaingan yang terjadi diantara pelaku bisnis tersebut adalah sebagai dampak globalisasi yang difasilitasi oich penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih.
Perusahaan-perusahaan dituntut harus menjaga citranva agar dapat unggul dan bersaing karena banyak perusahaan yang gagal (koleps) karena hanya memperhatikan modal fisik saja .dan tidak mampu belajar dalam mengadopsikan dirinya dengan perubahan lingkungan atau pasar, sehingga mengecewakan pelanggannya dan ditolak oleh lingkungannya akibatnya kehilangan pasar dan tutup Sehingga secara terus-menerus melakukan inovasi, dan mengambil tindakan yang tepat untuk menggerakkan perusahaannya ke arah tujuan yang diinginkan. Kemampuan tersebut hanya mungkin terwujud jika perusahaan tersebut secara efektif menggunakan ketiga faktor tersebut ( Modal Intelektual, Jalur Penciptaan
Nilai, Manajemen Pengetahuan j.Berdasarkan latar belakang diatas dilakukan penelitian dengan judul Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keunggulan/ daya saing perusahaan pemasar produk peternakan di Makassar
Penelitian ini dilaksanakan pada 17 Juni 2008 sampai 17 September 2008 bertempat di 37 Perusahaan Pemasar Produk Peternakan yang berdomisili di Makassar. Waktu penelitian selama kurang lebih tiga bulan, yaitu bulan Juni sampai September 2008.
Berdasarkan hasil perhitungan regresi berganda secara statistik modal intelektual, jalur penciptaan nilai dan manajemen pengetahuan secara Simultan dan Parsial berpengaruh nyata terhadap keunggulan/' daya saing perusahaan pemasar produk peternakan.Nilai koefisien determinan 0,883 (R' ■ 88,3 %), hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh modal intelektual, jalur penciptaan nilai dan manajemen pengetahuan yaitu 88,3 % sedangkan sisanya 11,7% adalah dipengaruhi oleh faktor lain.Dari Modal Intelektual. Jalur penciptaan nilai dan Manajemen pengetahuan yang paling dominant berpengaruh terhadap keunggulan/ daya saing perusahaan pemasar produk peternakan dimakassar yaitu Modal intelektual, jalur penciptaan nilai dan disusul oleh Manajemen pengetahuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 31 May 2023 02:31
Last Modified: 31 May 2023 02:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item
View Item