Pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kepuasan masyarakat dan kualitas layanan sebagai variabel intervening pada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Pinrang


Yullang, Yullang (2023) Pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kepuasan masyarakat dan kualitas layanan sebagai variabel intervening pada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Pinrang. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
A012211024_tesis_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012211024_tesis_24-05-2023 cover1.jpg

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
A012211024_tesis_24-05-2023 dp.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
A012211024_tesis_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kualitas sumber daya manusia dan kualitas layanan yang diterima oleh masyarakat masih tergolong kurang efektif dengan waktu penyelesaian suatu berkas masih mengalami keterlambatan hingga waktu yang tidak ditentukan dan kurangnya konfirmasi kepada masyarakat atas layanan yang diberikan sehingga kepuasan masyarakat tidak terpenuhi pada dinas kependudukan dan cataan sipil kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kualitas layanan (2) pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kepuasan masyarakat, (3) pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat, (4) pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas layanan. Populasi penelitian berjumlah 407.371 jiwa dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, (2) kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, (3) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, serta (4) kualitas sumber daya manusia berpengaruh secara tidak langsung ,positif dan signifikan terhadap masyarakat melalui kualitas layanan dengan hasil uji sobel sebesar 0.00<0.05 dan hasil nilai t sobel online sebesar 6.82>1.96 (Nilai mutlak) yang artinya memiliki pengaruh secara signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Human Resources Quality, Service Quality, Community Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 29 May 2023 00:56
Last Modified: 29 May 2023 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26786

Actions (login required)

View Item
View Item