PERLINDUNGAN HUKUM PEMBELI LELANG ATAS OBJEK LELANG YANG TIDAK SESUAI DOKUMEN LELANG = LEGAL PROTECTION OF AUCTION BUYERS FOR AUCTION OBJECTS THAT DO NOT MATCH THE AUCTION DOCUMENTS


Ghazali, Muh Ikrar (2022) PERLINDUNGAN HUKUM PEMBELI LELANG ATAS OBJEK LELANG YANG TIDAK SESUAI DOKUMEN LELANG = LEGAL PROTECTION OF AUCTION BUYERS FOR AUCTION OBJECTS THAT DO NOT MATCH THE AUCTION DOCUMENTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171513_skripsi_20-03-2023 cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171513_skripsi_20-03-2023 bab 1-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171513_skripsi_20-03-2023 dp.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171513_skripsi_20-03-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muh Ikrar Ghazali (B011171513), dengan judul “Perlindungan Hukum Pembeli Lelang Atas Objek Lelang Yang Tidak Sesuai Dokumen Lelang” di bawah bimbingan Nurfaidah Said dan Marwah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tanggung jawab balai lelang swasta atas objek lelang yang tidak sesuai dokumen lelang serta mengetahui dan menganalisis upaya hukum pembeli lelang atas objek lelang yang tidak sesuai dengan dokumen lelang.
Tipe penelitian yang digunakan, yaitu metode empiris. Pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Lokasi yang dipilih penulis Kantor Cabang Balai Lelang X di Makassar. Data-data yang diperoleh diolah dan dianalisis kemudian disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tanggung jawab Balai Lelang X apabila objek lelang tidak sesuai dengan dokumen lelang yaitu Balai Lelang X bersedia menerima pengembalian unit dan mengembalikan uang yang telah dibayar oleh peserta lelang kepada Balai Lelang X. Dalam kasus ini, Balai Lelang X mengakui bahwa perbedaan nomor rangka pada dokumen (BPKB) dengan nomor rangka pada fisik kendaraan tersebut merupakan kelalaian dari Balai Lelang X karena tidak memeriksa kesesuaian antara data yang diserahkan oleh pihak lembaga pembiayaan dengan nomor rangka pada fisik kendaraan sebelum menawarkan barang yang akan dilelang. (2) Upaya hukum yang dilakukan oleh pihak yang dirugikan atas dokumen kendaraan yang tidak sesuai dengan fisik kendaraan adalah mengajukan komplain kepada Balai Lelang X. Pihak yang dirugikan dalam kasus ini menuntut pengembalian uang yang telah dibayar kepada Balai Lelang X disertai ganti rugi atas biaya perbaikan yang telah dikeluarkan sebelum mengetahui bahwa terdapat perbedaan nomor rangka pada BPKB dengan nomor rangka pada fisik kendaraan. Namun, pihak Balai Lelang X hanya bersedia memberikan ganti rugi berdasarkan harga pembayaran kendaraan yang dibayarkan pembeli saat memenangkan lelang.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum; Pembeli Lelang; Dokumen Lelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Legal Protection; Auction Buyer; Auction Document
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 May 2023 00:47
Last Modified: 29 May 2023 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item
View Item